When You Move Beyond Your Fear…

berubah

When you move beyond your fear, you feel free…

[Kenneth Blanchard]

Tersebutlah dua ekor tikus bernama Sniff dan Scurry dan dua orang kurcaci seukuran tikus yang bertingkah laku persis seperti manusia umumnya, bernama Haw dan Hem. Mereka berempat punya misi khusus di dunia ini yaitu menemukan keju istimewa. Setiap hari mereka berkeliling labirin untuk mencari keju yang sesuai dengan selera mereka. Suatu ketika mereka berempat sampai di ujung Stasiun Keju C dan menemukan tumpukan keju yang segera mereka klaim sebagai milik mereka.

Ceritanya selesai? Oh belum. Tak berapa lama, keju di Stasiun Keju C hilang! Para tikus yang lebih dahulu sadar. Tapi mereka tidak berhenti di situ. Tikus2 ini segera bersepakat untuk mencari keju lain di luar sana.

Haw dan Hem yang tiba kemudian sangat terkejut. “Who moved my cheese???” Teriak Hem. Mereka berdua menghabiskan banyak waktu menyesali dan menanti di sana, siapa tahu keju itu akan datang kembali. Tapi ternyata harapan mereka semu.

Setelah beberapa waktu merenung dan menyesali keadaan, Haw memutuskan untuk ‘mengalahkan ketakutan’ nya dan pergi lebih jauh ke dalam labirin untuk mencari keju baru, meninggalkan Hem yang masih saja meratapi ‘kepergian’ keju-nya. Perjalanannya tidak mudah, tentu saja. Haw hampir dikalahkan oleh ketakutannya kalau ia tidak menegar-negarkan diri.

Ya, saya yakin kita semua pernah merasa takut pada entah apa, kita juga mungkin pernah merasa langit runtuh di depan mata ketika mengalami kehilangan, atau apapun yang membuat kita lama bersedih. Tapi kita mungkin harus coba memberi kesempatan pada diri kita sendiri untuk menaklukkan ketakutan-ketakutan irasional yang muncul dalam diri dan menghambat perubahan. Kita mungkin harus coba untuk ‘melepaskan’ kenangan dan berusaha untuk terus maju. Kita mungkin harus coba memberi kesempatan pada diri kita sendiri untuk berani berubah…

.

..


[Ini sekadar pentungan buat diri saya sendiri. Mau coba baca ebooknya? Klik di sini ya…😀 ]

98 thoughts on “When You Move Beyond Your Fear…

  1. Yoshh!! daku juga kena pentungannya… maknyuss eram😀

    Wahh!! kamen rider!!

    berubahhh!! ke arah yang lebih baikk >_< *semoga BISAA!!

    o, yehhh!! kita BISAAAA!!

    *eksplosif*

  2. yeah, that’s rite😉
    jadi… kapan mau kawin? *ditampar keju*

    Aku juga dulu taku kecoak, tapi sekarang.. masih kok. *ngga menggugah*
    Ngga ding,,

    dulu aku orangnya takut bicara, karna salah satu kekurangan ortuku dalam mendidik adalah serba “ini salah, jangan begitu, jangan begini” yang akhirnya mengantarkan aku pada serba takut salah.
    Tapi alhamdulillah skarang, sedikit demi sedikit mulai bawel,
    dan ga terlalu menghiraukan kesempurnaan. Salah gpp, yg penting belajar, termasuk belajar bicara di depan umum.

    mba yo.. tolong komen di artikel terakhirku dong yang anakui.com itu, kali ini satu komen sangat berarti buatku.
    *pengen dapet minimal mp4 buat record wawancara utk skripsi* hehe😀
    bantuin yak m(_ _)m
    makasih sebelumnya ^^

    • err… kawin? kalo enggak, gimana? *dijejelikeju*
      ngga ding… ya doakan saja semoga saya cepat berani [kawin] nikah…:mrgreen:

      humm… setuju phiy, salah ngga papa lah, asal cepet sadar n semakin baik besok2nya…😀

  3. Setuju , kenangan sebenarnya hanya sebagai momentum awal untuk mengembalikan keadaan yang diiangap lebih baik sehinga kenangan itu menjadi memory yang baik untuk bisa merubah diri dan terus berjuang walau dengan bergerak ya mungkin dengan keterbatasan saat ini. Sebuah upaya peyadaran dalam arti postif maka tepat bila romadhon adalah bulan untuk kembali kepada fitrah diri yang suci tuk mengapai apa yang dinamakan sebuah harapan. Untuk itu kami Mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kata yang tak berkehendak moga. Ya walau pemilik blog ini jarang berkunjung ketempat kami yang sederhana dan mungkin tak berarti tapi kami tetap berbaik sangka dengan pemilik blog ini. Selamat berpuasa mohon maaf lahir dan batin. sukses selalu

    • hoo… sama2.. mohon maaf lahir dan batin juga…
      soal blogwalking, gimana ya… saya kadang2 lebih suka berlama2 di tempat2 yang saya sangat sukai sih… *peace*

  4. Hem taroh hatinya pada keju.. sehingga dia meratap saat kehilangan keju
    kemarin bundo taroh hati pada laptop ini, shg hati sakit rasanya saat adaptornya kebakar
    KD taroh hati pada motornya, sehingga sakit hati waktu dulu motornya ilang..

    biar ga sakit hati, jangan taroh hati pada apapun, pada siapapun.. krn semua bakal ilang.. cukup titipkan hati pada SATU zat yang abadi..

    **hmm, bundo cukup sok iye pagi ini..**

    • pesan dari jee:

      Bundo, aku dah pindah dan menetap dipekanbaru.jadi skrg aku lagi beradaptasi dengan dunia baru. Malangnya aku jadi jauh ama internet.jadi kangen pengen tulis blog. Bundo, titip salamku ke mbak yoan ya

    • yup… masalah cara dan alat, saya serahkan pada adik2 dan kakak2 sekalian…
      saya pribadi juga belum menemukan cara yang benar2 jitu untuk mengenyahkan semua ketakutan2 saya… but at least I try…🙂

  5. semua punya perasaan takut, semua pernah meratapi barang yang hilang, tetapi sikap ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Contoh sikap Haw bukan Hem. Sukses Mbak dan Salam Kenal.

  6. meluncur ke tekape………

    sik2, berapa lama Haw merenung dan menyesali keadaan Yo??
    [kalo pertanyaan kurang bermutu abaikan saja]🙂

  7. Makasih, pentungan itu juga hinggap di kepala saya.

    tapi masih ada hambatan ketika saya hendak memulai bergerak, ‘ketakutan’,

    saya kini sedang mencari solusì bagaimana caranya me’manage’ ketakutan itu agar justru menjadi bahan bakar, yg mengobarkan semangat.

    • yah… takut itu toh wajar…
      sama seperti stres yg kadang malah bisa jadi pendorong dan penggerak kemajuan kita… *sepertiadayangsalahdenganbahasasaya…*

  8. @all,
    terima kasih sudah berkunjung. terima kasih karena masih mau membaca uap omong kosong saya… dan terima kasih sudah menyempatkan diri untuk meninggalkan jejak…

    maaf saya nggak bisa bales komen satu2 *alasannyainternetleletya…:mrgreen: *

  9. beuh… mantap banget bos!! pernah gw baca Alquran, katanya ‘sukses itu awalnya dari kegagalan’. yah… gw juga gak begitu tau sih.

    asal bagaimana kitanya: mau ngeliat kegagalan terus, atau melihat celah di antara kegagalan tadi?😉

  10. mbak yoaaaaaaaaaaaaannnnn aku masih blm sempat buat apa ituhhh duh.. itu buat tugas award yang dikau berikan. daku tiba2 harus pindah ke pekanbaru mbak. jadi semua hal masih dalam tahap adaptasi dan peralihan. aku udah punya posting baru mbak hahaha.

      • seinget saya juga tanyang sore pas hari sekoLah kak.
        jam tayang bersaing dengan sctv yang menayangkan “maria mercedes / tahLia cinta yg hiLang” *Lupayangmana* pada jam yang sama dengan bajahitam di rcti.
        (saya inget bgt habis nya temen2 pada maen kerumah cuma buat nonton itu karena ada paraboLa)

        oiya. ksatria baja hitam atau kamen rider versi komik nya juga asik Loh kak.

  11. Aku udah siap utk berubah….mbakyu
    Tapi aku gak siap kalo harus dipentung…hehehe
    Wah..gak adil yaa.. Semua merasa kena pentung..kok aku gak… Ya udah..sini pentungan-nya…
    *pentungkepala sendiri*
    Udah mbakyu… Aku udah klenger…
    *klepek2….blegsek….*

  12. sesekali perlu yo keluar dari zona nyaman..

    ayoo saatna berubahhh……!!

    **bentuk formasi😀

    yoan,pasti bisa kok,menemukan kembali kepin9an kejuna,kali ini utuh😉

    have nice lon9 week end yooooo **muaachh..

  13. Kalo bukan diri kita sendiri yg nguatin, siapa lg? Biarkan rasa sakit yg kita dpt sbg obat bwt bkin qta jd tambah kuat. Gmanapun jg, dalam hdp, pasti ada yg datang n pergi. Tgl qta aja yg ngadepinnya gmana😉

  14. kring…kring…kring…bunyi sepeda…
    sepedaku roda tiga… huwooooo…uwooooo…

    **dijumroh Yoan pake beton**

    aloha Yo, lama banget ya ga posting (<= Gw maksudnyah :p)
    apakabra… nih blog perlu pembantu baru nda? saya mempromosikan diri lho… sayah pintar masak (fitnah), pintar menjahit (fitnah juga), dan pintar membuat rusuh (kayak sekarang :p)… kwakwakwakwak

    Okeh, Gw juga mo ikutan komen ah,
    SUMPAH Yo, Gw takut. TAKUT BANGET wajah Gw tambah manis
    bukan apa2… takut rumah Gw kotor aja dijubeli para fans :p

    **langsung kabur sebelom Yoan ngelempar beton lagi**
    TEPOK PRAMUKA!!!

  15. Wah Yo, ini sih sebuah pentungan bijaksana:)
    Aku juga mau dipentung pake pentungan ini Yo, terima kasih ya telah memberikan kita semua pentungan bijaksana itu…

    Yah semoga saja pentungan bijaksana itu bisa kembali membuka mata hati kita bahwa setiap saat kita harus bergerak menuju tempat yang lebih baik lagi…

    Berhenti sejenak tak masalah, agar bisa mengumpulkan semangat2 yang mungkin terkikis oleh kerasnya permasalahan hidup, tapi setelah itu harus berjalan lagi menatap ke depan dengan penuh keberanian dan optimisme, InsyaALLAH…Ganbatte Yo!!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s