KONFLIK

Theatre-Masks-Happy-And-Sad-Laugh-And-Cry

“Memangnya Marshanda kenapa sih?” tanya seorang teman beberapa hari lalu. Saya saat itu masih belum tau apa yang terjadi pada Marshanda karena saya nggak pernah nonton tv akhir-akhir ini. Sabtu kemarin, akhirnya saya berkesempatan menyaksikan cuplikan rekaman si Marshanda di sebuah acara infotainment.

Teman saya nyeletuk, “cih, orang kaya ada2 aja tingkahnya.”

Saya nyengir. Saya tau bukan itu maksudnya. Bukan masalah orang kaya atau tidak kaya. Tapi lebih ke tingkah marshanda yang dianggapnya sangat berlebihan. Ya, Marshanda ‘korban’ perceraian orang tua, katanya. Broken home kata orang, ditambah beragam permasalahan pribadi yang menyebabkan ia ‘meledak’.

“Gw aja gak gitu2 amat” celetuk teman saya lagi.

Saya nyengir lagi. Iya juga sih. Kalau dibandingkan dengan Marshanda, tentunya kondisi keluarga teman saya itu bisa dibilang lebih ‘hancur’. Orang tua mereka juga bercerai, dan anggota keluarga mereka tercerai berai. Nggak ada warisan secuil pun untuk anak-anaknya sekedar bertahan hidup. Untunglah anak tertua sudah bekerja dan akhirnya dia lah yang menopang ‘kehidupan’ tiga orang adiknya.

Konflik terjadi bila terdapat perbedaan antara harapan dan kenyataan. Tentu saja definisi setiap orang terhadap situasi konflik bisa beragam, dan ketahanan setiap orang terhadap masalah itu berbeda-beda. Apa yang dibilang masalah berat oleh seseorang bisa jadi cuma kerikil kecil bagi orang yang lain. Apa yang sangat mengganggu dan menyebabkan Marshanda stres mungkin buat teman saya masih bisa dijalani dengan cengar-cengir sambil ngetawain hidup.

95 thoughts on “KONFLIK

  1. aku bukan psikologi sih, jadi ga ngerti sama tingkah marshanda macem itu. komenku buat marshanda cuma satu: lebay aja ni orang.
    Hikmahnya ya.. ternyata ketenaran, kekayaan, dan materi ngga bisa jadi tolak ukur kebahagiaan.

    but yes, everyone have their own life history which lead them to determine what is a big deal and what is not.

  2. semoga chaca baik-baik saja ya yo.. **bundo sok akrab

    apapun yang terjadi, kehilangan apapun.. ADA yang selalu menjaga.. tak lengah sedetikpun *cumancopypastepostinganbundoygkemarin*

  3. mungkin buat teman saya masih bisa dijalani dengan cengar-cengir sambil ngetawain hidup

    kok kayaknya familiar bgt dgn kalimat cengar-cengir sambil ngetawain hidup🙄

    yawislah, salut deh buat temenmu itu Yo😉

  4. Mbak Yo….Mbak Yo..Mbak Yo….
    kangen neh…>_<

    uhh vee kenal ga yuh,,temen mbak yooo itu..
    berasa dekeettt buangett..ehehehe

    Yah pada hidup pasti ada aja masalah,,tapi masalah yang terpenting adalah bagaimana kita menyelesaikan masalah itu..mencari solusi yang TEPAT GUNA..haiyalohhhh…

    *jadi ingat pelajaran kewirausahaan deh..^^*

  5. Dulu kan pernah ada gosip, kalo Marshanda di-eksploitasi sama Ibunya? Kalo ga salah ya. Jaman2nya doski terkenal gara2 sinetron Bidadari itu, terus tiba2 hengkang dari kontrak gito deh. Kan heboh tuh media. PH-nya Bidadari kan nuntut si Marshanda. Tapi akhirnya gimana ga tau, soalnya ga ngikutin.. Menurut gw seh, titik jenuh Marshanda itu mulai keliatan waktu dia dandan ala Paris Hilton. Gw ga ngerti jalan pikirannya apa sampai rambutnya kayaq sapu ijuk warna kuning gito. Ehhhh ga berapa lama, muncul youtube begituan.. haha..

    Stress karena broken home? Bisa jadi. Karena ga laku lagi? Bisa jadi. Cari sensasi? Bisa jadi. SOOOOOOOOOOOOOOOO, in the end, perilaku Marshanda soooooooooooooooooo ga perlu dibahas. Namanya juga artis. *kejam ga sih gue?*

    • *tepoktangan*
      apdet banget berita gosip lu, es…
      but, gw semacam setuju si ama lu, es.. sebenernya emang ga perlu dibahas… cuma orang kurang kerjaan kayak gw aja yg sempet2nya semacam membahas kasusnya marshanda…

  6. itu Marshanda bukan lagi stres, Yo… tapi latian konser :p
    cuma pas latian gitu… biar menjiwai ditambahin makian2

    **analisa seekor cebonk laknat yg sok bijak**

    gimana ya… sebagai pramuka sejati sayah nda pernah terlibat konflik. apalagi si konflik sukanya main sendiri bareng gengnya…. jadi sayah nda kenal betul sama dia. eh, ini lagi ngomongin konflik, si temen TK saya yg suka ngupil itu kan???

    **dirajam massa**

    • cebonk… semakin hari semakin gak bener aja lu bonk…
      mentang2 sudah tak berusus lagi ye…

      en.. lu dipanggil mas loh, bonk..

      huahahahaha… *puasgwketawa*

      • ya ambruuugggg… mosok gw manis2 gulali gini dipanggil mas…

        **padahal biasanya dipanggil Oom :p**

        begini ya, dek debby dan dek yoan **merasa tua**
        marshanda bilang ke sayah waktu ikut kemah pramuka siaga kemaren di PIM (kemahnya depan Mc D lhooo… biar gampang nyari makannya :p)

        “kenapah banyak yg gosipin sayah… kan sayah cuma latian buat konser di jambore inihhh…”.
        begitu katanya… Oia, di jambore dia nyanyi maju tak gentar cipt. Avril Lavigne :p

        **dijumroh massa**

  7. Kalau menurut saya sich. marshanda itu stress karena terbiasa dengan hidup yang damai dan mewah. dan tiba2 harus menghadapi masalah yang sangat besar.
    Kemungkinan juga marshanda cuma cari sensasi saja..😀

    SALAM MANIZ GAN

  8. aku ju9a baru nonton brita marshanda sabtu maren,temen2 crita nda don9 sebelumnya:mrgreen:

    hemmmm..marshanda yaa…no komen lah,biasalah artis..🙂

    yapz,setiap oran9 berbeda memandan9 setiap masalah dLm hidupnya..
    dan berbeda pula dalam pemecahannya….
    **jawaban9antun9dimarahinyoan😀

  9. Jadi manusia itu emang harus siap segalanya…yaa mbakyu… Padahal kan gak semua pingin jadi manusia.. Contohnya aku… lho…??
    *pinginjadituhantapitakutdilaknat…hehe*

  10. semua orang bisa meLakukan haL giLa seperti itu.
    termasuk saya.
    hanya saja marsha ini artis, jadi dia Langsung disorot.

    toLong deh buat yang pada komen kaLo dia cari sensasi ya dipikir duLu. saya rasa marsha punya cara yang Lebih oke kaLo mau cari sensasi.

    perceraian emang bikin LabiL anak, terLebih pada usia muda yang masih rawan rawan nya.

    buat orang2 yang ga pernah tau rasa nya brokenhome ya ga usah sok tauLah.

    buat yang tau rasanya brokenhome dan biLang “gua aja ga gitu gitu amat” sadariLah bahwa tidak semua orang seperti anda. anda termasuk istimewa karena bisa meLewati nya.

    setiap orang punya masaLah dan cara meLuapkan emosi. dan punya cara penyeLesaian nya masing masing.
    masi untung marsha cuma begitu, kaLau bunuh diri gimana coba?

    sori kak yoan.
    gw cuma rada emosi baca komen2 di atas yang memojokkan marshanda.

    gw bukan fans nya Loh.
    gw si fans diansastro (dan gw kena marah diansastro via twitter huhu)

    *nyengir* ni komen panjang bener. kabur ah.. hhihi

    • saya bukan dari broken home. makanya barangkali saya ga berhak komentar. tapi membaca kalimat anda, saya jadi ingat masa ketika Dewi ‘Dee’ Lestari memutuskan untuk bercerai dari marcell. banyak yang mendukung, banyak pula yang memaki-maki, entah itu memaki-maki Dee maupun si marcell. Banyak pula yang mengatasnamakan kalimat seperti ‘pikirin anak’ atau ‘kasian si keenan’ dll dst dsb. Lebih jelasnya, silakan ke blognya Dee, dan silakan dibaca. Itu dari pihak orang tua. Dari pihak anak? Seperti anda bilang, sikap orang dalam menyelesaikan masalahnya berbeda-beda. Dan cara chacha mungkin bagi sebagian orang itu, kesannya lebai. Anda sudah nonton videonya? saya bukan psikolog, tetapi saya yakin, videonya chacha itu ga cuman dipicu oleh masalah broken home-nya dia.. Stress karena misalnya ga laku lagi kayaq dulu? Bisa jadi. Atau cuman cari sensasi? Bisa jadi. Perhatikan kata ‘bisa jadi’. Dalam hati saya, saya betulan berharap, semoga ini beneren cuman ‘cari sensasi’. WHY? Karena dengan begitu, berarti emang nothing’s wrong with the poor girl. Si chacha ga stress.. atau ga gila, atau ga depresi, dll dsb dst. Bahwa dia baik-baik saja, dan somehow bisa melalui kondisi broken-home tersebut. kalo tidak? kalo ternyata itu bukan cari sensasi? Keeping my finger crossed.

      Anda benar, karena si chacha itu artis, makanya langsung disorot orang. lalu terus kenapa? one thing, kalo anda tidak bersedia kehidupan pribadi anda disorot, ya jangan jadi artis donk. Iya toh? Jadi artis itu kan terkenal, dan punya banyak duit (umumnya begitu), lalu ketika disorot media (yang which is, satu dari sekian banyak flaw menjadi artis), kenapa si artis mesti sewot? maaf, bagi saya kenapa koq terkesan mau enaknya aja? Jangan lupa, yang bikin si artis terkenal juga media koq. Kecuali, kalo medianya udah mulai kaga sopan. nah, itu lain ceritanya. Dan di atas itu semua, kenapa pula kita yang mesti sewot?? *seperti gue ini. haha*

      One a side note, saya membaca-baca komentar di atas.. terus terang, saya ga merasa ada komentar yang memojokkan si chacha. Sebelah mana, ya?

  11. Iya..smuanya trgantung bgaimana cara pandang qt memandang pmasalahan yg ada…Oleh sebab itu Allah selalu mnguji qt.. agar qt mjd lbih kuat dr sblumnya..agar ktika masalah serupa yg berhasil qt lalui itu hdir kmbali..qt sudah tau cara mengatasinya dan tdk lg mnganggapnya mslh besar..mjd smakin bijak..mjd smakin kuat.. (hehhe..ternyata bs seriuz jg saya?!)😉

  12. Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  13. oooh…marshanda yayaya. masalah tiap orang beda-beda, cara menghadapi mengekspresikannya emosi juga beda-beda…
    misalnya, ada orang yang keilangan duit sejuta empat gepok gak masalah, tapi saya keilangan duit seribu perak, nyarinya bisa sampe ujung dunia.

    hayo jangan bikin konflik lagi di sini ah….:mrgreen:

  14. wow..
    makasih om tanggapan nya🙂 *kaget*

    saya Lihat video nya via infotainment. sebenar nya sudah tau pada saat marsha upLot vid nya di youtube. hanya saja beLum sempat Lihat. dan ketika sempat ternyata sudah dihapus semua. huh.

    hmm. tentang dee?
    wah, tampak nya saya harus baca itu. karena (baru saya sadari) (ternyata) saya memang (seLaLu) meLihat efek perceraian dari pihak anak (mungkin karena saya pun saLah satu ‘korban’).

    memang semua yang ‘bisa jadi’ itu mungkin saja.
    dan pasti ada banyak masaLah yang meLatarbeLakangi kenapa ia begitu (bukan hanya karena brokenhome).
    dan saya setuju dengan harapan anda bahwa ‘hanya cari sensasi’ dan semoga memang ‘nothing’s wrong’ dg nya.
    tampak nya memang Lebih baik ternyata seperti itu.

    resiko jadi artis memang begitu, disorot. maka nya saya ga mau jadi artis.:mrgreen:

    yang saya anggap memojokkan (kemarin waktu komen) saLah satu nya memang komen anda om. *janganmarahye* tapi kan memang hak tiap orang untuk menanggapi sesuatu, dan dasar saya nya aja yang jadi sewot. hhi.

    mohon maap om kaLo ternyata komen saya bikin tersinggung.
    saya seLaLu sensitif dan emosionaL dengan kata kata ‘brokenhome’ atau ‘cerai’. hhe.

    untung nya om tanggapi komen nya, jadi membuka sudut pandang saya akan kemungkinan yang Lain dan menyadarkan akan kebiasaan ‘sepihak’ saya itu.

    makasi ya om. *jadigakenakgue* :mrggreen:

    semoga ga ada saLah saLah kata Lagi dah.

    set dah. panjang bener ni komen. *kabuur*
    (kabur sebeLum yang punya rumah muncuL dan mentung gue)

      • Noooooooooooooooooooooooooooo… hahaha… saya tidak marah koq.. tidak juga tersinggung… karena kesan kemarin ketika membaca tanggapan Anda ya, koq kesannya anda itu sensitif banged dengan kata broken-home.. hehe.. anyway, it’s okay Anda berpendapat kalo saya memojokkan si chacha.. *kayaq nama coklat ga seh?*, karena itu pula saya tergerak untuk berkomentar lagi.. hahaha *emang bawaannya saya itu narsis dan numpang eksis koq..*

        Btw, takut amat yak ama si Yo?? Pentung balik aja..😛 haha *ngacir*

  15. well…ga tau juga sih kondisi marshanda yang sebenarnya kaya apa. kalaupun dia kaya gitu karena stress, normal toh ? apes aja karena dia seleb….makanya jadi dibahas, coba kalo orang biasa, paling cuma digunjingin sama orang2 yg kenal sama dia….

  16. ini sebenernya yang punya rumah niko apa yoan?
    sudut pandang orang beda beda
    eh bukannya si marshanda kena penyakit ya? penjepitan tulang leher gitu. jadi syarafnya keganggu

  17. Duh begitu banyak comment, dengan berbagai sisi dan versi…
    saya hanya ingin bilang bahwa tidak ada sesuatu pun yang kita
    alami di dunia ini kecuali sebagai ujian untuk kita, apakah kita
    sabar melaluinya atau tidak…Dan setiap manusia memang memiliki tingkat kesabaran dan kekuatannya masing-masing…

  18. Aq rasa krna kita memiliki karakter msg2 mbak. Mgkn tmen mbak ntu memandang dr segi pndangan dy, tp kan berbeda dgn pandangan marshanda. Ya bgitulah, org pnya cra masing2 untk melampiaskan emosi nya😉

  19. Justru itu yo, kejadian dan fenomena itu menunjukkan kualitas dan integritas diri.
    nah tinggal milih yang mana diantara sekian banyak pilihan.

  20. yoan,..
    **daten9 den9an kalem🙂

    bukakan pintu maaf untukQ ya,kita sambut ramadhan den9an suka ciTa dan hati nan bersih…

    selamat menjalankan ibadah puasa yaa yo..🙂

    **cipikacipi peyuk yoan..

    ditun99u pas tarawih yo,trus kita maen peTasan:mrgreen:

  21. heheheh.. org kalo seteress emang suka aneh2 mba Yo…:mrgreen:

    paling tdk ada hikmah dibalik semua inih : jgn pernah upload video lagi karokean ke youtube! bahaya! *OOT*:mrgreen:

  22. Siang2 bolong…Hari pertama shaum…berkunjung lagi ke blog-nya Mba’ Yoan sambil bawa bingkisan… mudah2an bs diterima ya mba…
    Bingkisan bisa diambil di http://definda.wordpress.com/
    Oya, skalian mw mngucapkan Mohon maaf lahir&batin..Selamat Menjalankan shaum Ramadhan..smoga kberkahannya snantiasa meliputi qt smua…
    thx.😀

  23. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fulllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

  24. Wah..tragis jg liat tmena mbak yo..hehe,tp salud jg ma dia (tmena mbak yo) yg tegar walo dh acuk adut keluargana..
    Tp perlakuan marhanda tu emg lebay yah…aneh,,tp ditwitternya si dia bilang cuma pinkin ngeluarin isi dikepalanya yg slama ini dia tahan, tp dg mempublikasikannya di youtube, aneh jg ya..hehehe,mbohlah, biar dia urus dirinya sndiri..:-D

  25. Entah apa yg dipikirkan’y.

    >>Gw jg pernah stress berat, tp wa mengurungkan niat buat “lari bugil keliling lapangan bola” Krena gw msih punya otak. Dan takut dosa.

  26. Ya, dalam hidup kita akan tersandung rintangan kecil
    (yang untuk sebagian orang nampak besar jadi bukan kesandung lagi alias nabrak)

    Comment ini ditujukan untuk temen-temen SD saya,

    *marshanda syndrome mode ON*

    ROFL LOL

  27. tiap orang khan beda2 bagaimana menyikapi suatu masalah..
    ada yang kuat..
    ada yang lemah..

    untuk kasus marshanda ini..
    mungkin bukan cuma masalah keluarga saja..
    ada juga masalah dimana sejak kecil dia sudah kehilangan masa kecilnya gara2 menjadi seleb..
    belum lagi nasib seorang artis yang bisa dibilang susah untuk menjaga privasi..
    dlsb..

    bagaimana caranya biar gak stress??
    jalani hidup dengan sabar dan doa..😉

  28. pernah baca quote bijak yang saya langgananin tiap hari, gini katanya:
    THE WAY WE SEE THE PROBLEM, IS THE PROBLEM.
    jadi… jangan mengganggap sebuah situasi sebagai masalah kali yaaa…

  29. Sependapat banget dengan Mbak Yoan ini deh, tumben cerdas… aha ha ha…
    Setiap orang tentu tidak sama dalam menyikapi ‘konflik’ atau masalah yang ia hadapi.

    Contoh karakter yang sangat berbeda dalam menangani ini, mungkin bisa kita lihat dalam sebuah acara reality show yang ditayangin di salah satu TV Swasta, kalau nggak salah programnya di labelin nama “SHOCKING DAY”.

    Saya baru nonton 2 kali, yang pertama si bintang tamu yang dikerjain adalah KIKI AMALIA… ketika diberikan stimulus (di kerjain) dengan sebuah kejadian yang tidak terduga… KIKI bereaksi begitu panik. Tapi saya pikir, untuk kasus seperti yang dihadapi KIKI (andaikata itu benar terjadi)… itu lumrah aja sih.

    Yang kedua, Ust. Jefri… ketika ia dikerjai dengan hal – hal yang begitu mengejutkan, Ust. Jefri bersikap begitu tenang dan mampu mengontrol semuanya dengan baik.

    Karakter orang memang berbeda, dan tentu saja… untuk setiap masalah, cara mereka menyikapinya pun akan sangat berbeda…

    Tumben… Yoan kok cerdas banget nih…. dah ada cowoknya belum yach…??? aha ha ha ha….

  30. hmmm… aku nggak tau mau ngomong apa tapi yang jelas aku suka tulisan mbak yoan. ya, setiap orang punya kemampuan yang berbeda2 dalam menyikapi masalah2nya. beruntunglah orang2 yang bisa terus bersabar dan ikhlas. ^^. mohon maaf lahir dan batin mbak🙂

  31. Sahabat mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllll

  32. yoan..yoan yoooooooooaaaann🙄

    hufff… dia men9hilan9 tanpa jejak😦

    *hopefully you alwys in a 900d heaLth and 900d mod yaa..

    may ALLAH all the mi9hty alwys bewith you yoo :

  33. SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s