Kapan Ia Datang Melamar?

Halo? Apa yang kau lakukan di situ? Turunlah ke mari. Kau bilang ingin tahu sedikit tentang aku. Tentang sejenisku. Oh baiklah kalau kau ingin tetap di situ. Hmm… tapi apa kau tidak kedinginan duduk bertengger di pinggir jendela begitu? Oh maaf, aku lupa. Kau dan sejenismu tidak merasa, ya? Kalian tidak punya perasaan dan tidak bisa merasakan apapun…

Benarkah begitu? Jadi kalian tidak bisa merasakan udara dingin jam tiga pagi walau kita sama-sama terjaga dan aku menggigil di sini? Kasihan sekali kamu, Mal… aku kira menjadi malaikat seperti kamu itu menyenangkan, tapi kok aku malah kasihan padamu ya…

Kalian bisa terbang kan? Bagaimana rasanya terbang? Oh maaf lagi. Kau tidak tahu rasanya, ya? Pasti asyik sekali tertendang-tendang angin saat tubuhmu melayang melawan gravitasi. Hmm…Kalau aku bisa terbang, aku mau keliling kota mengajak ayahku. Hah! Beliau pasti senang dan terkaget-kaget melihat betapa sudah banyak berubahnya dunia ini. Sudah lama sekali semenjak ia terakhir bisa berjalan dan berkeliling kota.

Kau mau coba ini? Ayo temani aku mabuk. Kita mabuk teh bersama. Apa? Kalian malaikat tak juga pernah makan atau minum? Ck… ck… Mengapa tidak Tuhan ciptakan semua makhluk-Nya tak perlu makan atau minum agar tak perlu repot kami ini melacur dan menghinakan diri demi sesuap nasi? Oh ya, kau benar. Dia lebih tahu, kan? Ya ya ya… ada alasan dalam semua kejadian dan penciptaan meskipun aku tak pernah terlalu mengerti dengan apa yang ada dalam Pikiran-Nya ketika menciptakan manusia.

Hmmm… jadi kau benar-benar tidak bisa merasa, Mal? Serius? Kau bahkan tak bisa mengecap manis, pahit, asam atau asin di lidahmu? Ah, Mal. Itulah enaknya jadi manusia: kau bisa MERASA. Jutaan, Mal. Ada jutaan rasa di dunia ini dan tidak semuanya bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Semuanya hanya bisa kau rasakan untuk benarbenar tahu bagaimana rasanya.

Setelah kupikir-pikir, aku tak mau jadi malaikat. Walaupun aku iri sangat pada kedekatan kalian dengan Tuhan, aku ingin tetap jadi manusia biasa saja. Agar bisa tetap merasakan semua ini. Sakit, pedih, resah, senang, gembira, marah, sedih, rindu, cinta. Yah, terlebih yang kusebut belakangan. Tak tahukah kau yang terakhir itu adalah sejenis emosi kompleks yang bisa membuat manusia tak berdaya seperti aku ini mampu melakukan apa saja? Aku ingin tetap merasakan semua emosi itu, Mal.

Eh, tunggu sebentar. Sebelum kau pergi, aku mau minta tolong. Tolong sampaikan salamku pada El-Maut. Tanyakan padanya, kapan ia datang melamarku? Dan kalau kau sempat bertemu Tuhan, tolong tanyakan juga pada-Nya, apakah ada kemungkinan aku bisa memandang dan menyentuh Wajah Indah-Nya kelak? Yah, walaupun aku yakin aku hanya akan meluruh dan berubah debu saat Cahaya-Nya menyentuh wajahku, tapi itu pastilah akan jadi kebahagiaan terbesarku. Aku tahu permintaanku ini terlalu banyak, tapi rindu ini sangat ingin memandang dan merasakan-Nya, Mal… Kau mengerti maksudku, kan?

Hhh… Ya sudah, Mal. Hati-hati di jalan (jangan tertawa, aku hanya sudah terbiasa mengucapkan kalimat itu pada teman-temanku dan tak ingin merubahnya walau kau jelas tak perlu berhati-hati terhadap apapun). Sampai jumpa lagi, Mal.
.
..
…abis baca “Cecilia dan Malaikat Ariel”-nya Jostein Gaarder, sedikit demam tinggi dan mulai semacam berhalusinasi karena tidak juga bisa tidur meski sudah lewat jam tiga dini hari tadi…

70 thoughts on “Kapan Ia Datang Melamar?

  1. Pertamax lagi nih ….
    Wah kirain ngundang aku yo, mal mel mal mel hahahahahhaha.
    Yo ,sudahlah. sudah terlalu banyak yg menggungat tuhan. dan lebih banyak lagi yang bertanya apa sih maunya DIA. Nikmati saja misteri ini. bukankah tidak seru kalau sudah ketahuan? hehehehhe.

    Salam,
    Mal yg bukan Malaikat 😀

    • hebat kamu mal, pertamax lagi… *padahal ini blog emang sepi aja :mrgreen: *

      aku nggak menggugat kok…
      cuma suka heran…
      akhirnya paling ya cuma bisa ketawaketawa ga jelas karena His big-fat-cynical Joke named Life inih…

      salam utk mal yg bukan malaikat :mrgreen:

  2. mantep tante..

    awas jadi giLa karena bicara sendiri..

    emang tante yoan ini punya daya imajinasi yang ruaaaarrr binasa.. :mrgreen:

    • eh, anak muda…
      siapa bilang saya bicara sendiri…
      sayah bicara dengan malaikat yang duduk bertengger di pinggir jendela kamar sayah kok… *gilabeneran :mrgreen: *

      imajinasi ruar biasa? bagus lah.
      teman saya bilang imajinasi saya ‘liar’…
      sigh… padahal liar itu kan konotasinya negatip yaa…

      • hha.. Liar pembohong apa Liar beneran tuh om?

        oh iya.. kirain ngomong sendiri..
        tau nya emang ngomong sendiri.. :mrgreen:

  3. hmm… ruaaaaaaaar biasaaaaaaa.. titip salam juga yaaa buat malaikatnya… hihihihi… *manggut manggut*… ketularan nih… *ngelirik keatas*… waaaah beneeeer ketularan… jalan kliyengan pulamg… habis ketemu temannya malaikat… hehehe…
    Salam Sayang

      • yayaya… mari… *kliyengan*… waaah dekeeeet sampeyan pasti kliyengan… mateeeeeek deh… mabuk keteeeeeek… hehehe…
        Salam Sayang

  4. Hallow Mal..dari mana aja kamu ini, kok hari gini ada disini. Oh..baru nemuin mbakku to? Emang ada apa to Mal sama mbakku, sampe kamunya datang kemari? Apa..??? mbakku mau ketemu ama El-Maut..gak salah denger nich telingaku. Weleh2..onok2 wae jalukane mbakku sitok iki rek. Yo wis tak paranane mbakku disek yoo Mal..dadaah. Salam yo Mal nang konco2mu kabeh..ojo lali salam pisan nang pengeranmu yo. Tlg omongno aku kangen ketemu PANJENENGANE. *wiss..melu gak jelas iki ketok’e*

  5. humm.. bener2 imajinasi yang ruaaar biasa mba…^^
    dialog nyeleneh,, yang tanpa sadar emang suka tiba2 muncul gitu aja..
    *malaikat ko’ diajak ngobrol..

    tapi,, ko’ kayanya syereem juga ya.. klo liat mba yoan jam 3 pagi ngomong sendiri di depan jendela.. hiiiyhhh.. *pizzz 😀

  6. Dan …. kupikir tadi kamu tadi nunggu dilamar manusia ..
    🙂

    *agak gak percaya juga baca judulnya, beneran ini tulisan Yoan*
    *baca isinya, ternyata ini memang tulisan Yoan*

  7. kalo yo halusinasi lagi, saya nitip pertanyaan buat Mal juga ya yo “kapan El-Maut ngajak saya pergi?”hhhee…

    mati, ketidakpastian yang pasti.

  8. Pertama baca => ooh..Si yoan lg kumat autisnya..Ngobrol kok ama burung..

    Baca paragrap 2 => ooh..Burungnya yoan namanya si Mal..*bingung2*

    paragrap seterusnya => kok pake ada acara lamar melamar..Apa yoan doyan ny ama burung? Bener2 aneh..

    Paragrap akhir => ooh..Tulisan to..*sadar dr mimpi..Ngelirik yoan..Trus kabuurr*

    salam peramuka..

    • cebooonkkkkk………
      abis mo ngajak lu ngobrol sama aja bo’ong…
      wong sama sama autisnya…
      giliran ngomong gw malah dikasi kecebong… :p

      salam peramuka jugaaa….

      • Yo, gw gak suka main sama si Mal… biz dia suka gak jelas…trus kalo nongkrong, suka berak sembarangan…
        (lho?? ini sejenis unggas ato gimana??)

        Ughh… gw juga ogah ngobrol ama tante2
        ** ngelirik yoan, trus kabur naek odong2**

        **proookkk..proookkkk**

    • sadis itu tuntutan peran, anak muda…

      em… terakhir saya cek, saya masih perempuan…
      tapi terserah sih mau panggil apa…
      yang manggil mbak ada, mas banyak, om juga bisa, bibi… bibi malah ga ada tu… :mrgreen:

      • ah, gapapa kok…
        wong yg sudah melihat wujud saya aja masih pada manggil ‘om’ atau ‘bang’ kok…

        *kayaknya percuma juga gw pake rok pake kerudung tetep aja masih ada yg manggil begituh,,, hiks…*

  9. sampe jam 3 pagi wah malam sabtu kemaren aku sampe jam 3.30

    wah gimana ya, komentnya .aku aja yang udah berkilo-kilao meter bahkan lebih seribu kilo .tetap saja masih menungu. entah kapan …

    ya Udah kirim surat aja sama Allah

  10. Lho Mal…km ini gimana sich, diikuti kok malah mbulet ae. Lha ini kan rumahe mbakku Mal.. Peh, piye kowe iki Mal..di’eloki kok malah bingung karepe dewe. Yo wis km teruso jalan aja, aku tak leren disek nang kene..pegel Mal mlaku2 terus kok gak karuan tujuane. Oke dech Mal..good by..wis terusno lakumu.. *gedek2 karo kukur2 jithok ndelok si Mal sing lagi bingung* *si Mal yo gedek2 ndelok si Har sing mulai saraaaph*

    • ah…
      tak kreatif kali kau, boi…
      cuma bisa kopi-paste ucapanku saja kau…
      bagaimana anak muda jaman sekarang kok tidak kreatif macam kau ni…

      hmmm… iya boi…
      rindu pada-Nya…
      :mrgreen:

  11. ingsun datang, dinda…
    demi menemani dinda yang sepertinya mulai kena gejala autis stadium lanjut…
    dan bermonolog laiknya memerankan drama…

    maka kanda temani dinda buat berdialog…

    dan… ehm… membicarakan soal lamaran?

    😆 😆 😆

    *btw, selamat, dinda Yo sempat tertipu (atau ingsun kira begitu)*
    nomer duwa setelah jeng muzda…

    :mrgreen:

    • haduh…
      ini orangorang kok ga pada percaya sih kalo saya tu beneran berdialog dengan jin… eh malaikat…

      dan.. ehm… iya… lamaran izroil…
      kapan dia datang ya… *nungguin el-diablo lewat en membawaku pergi*

      *btw, aku teteup yakin sama pendirianku… maap yaa… kenapa kamu gak seperti yang aku harapkan aja sih? kan asik…. :mrgreen: *

  12. tak pernah merasakan nikmatnya terbang karena sudah biasa terbang..
    hmm… bentar-bentar aku harus mikir lagi dari apa yang saya fahami ini..

    ka’ yo????? Yo’i coy……

  13. Mbakyu, nyelang po’o Jostein Gaarder nya
    Biar aku ntar ketularan halusinasi mu dan ketemu sm Cak Mal
    Soale dipikiranku kl denger kata Mal cm belanja..belanja..en belanja
    (ya ampuuuun Wahyu, kalo itu mah molll, lho moll kan pejaran kimia, unsur senyawa???) Gimana sih, pusing aku Yo… 🙄

    • iki yu…
      arep sing ndi? akeh lho d kene…
      aku seneng karo om jost….

      wis, ra sah pusing2, ra sah mikirne kimia, kimiaku yo jeblok kok mbien…
      :mrgreen:

  14. yo,..
    kLu ketemu dan berte9ur sapa den9an si maL la9i,sampaikan salamku watnya,katakan padanya,aku ju9a in9in beRtemu den9an pemilikNYA dan in9in bercerita banyak padaNYA…

    halusianasi yan9 mantab yoo 🙂

  15. wah keren…
    monolog gitu.

    aku ingin tetap jadi manusia biasa saja. Agar bisa tetap merasakan semua ini. Sakit, pedih, resah, senang, gembira, marah, sedih, rindu, cinta.

    I love that one 🙂

    • iyah…
      pengen istirahat…
      pengeeennn… bangeeettt…

      tapi bagaimana mungkin,
      membaca saja aku sulit…
      tidur pun tidak bisa…
      apa yang harus kulakukan?

      :mrgreen:

  16. Wonge nangdi iki..*clingak clinguk* tak enteni ket jaman sepur lempung kok ra metu2 ki nyapo ae to yoo..wis enak’e tak leyeh2 wae nang teras kene..*enak’e tak turu ae ben iso ngimpi ketemu Mal slendro maneh* zzz..zzz..zzz..*peh..lha kok malah ketemu Mal Joni teko neroko gang buntu* gedebukz..klepek klepek klepek..* tibo nggelundung teko badukane teras*

  17. Masih soal lamaran.

    wah perjalananku ternyata belum selesai masih agak panjang
    kayanya ada masalah nihh diriku tapi hanya kamuflase kayanya ya
    Datang ya, awas kalo ga dateng

  18. Saya tw rasanya kedinginan pas jam 3 pagi waktu kerinci. Ya skg ini 😀
    Waduh bahasanya terlalu tinggi jd gak ngerti. Kirain td mbak lg ndobos :p

  19. waaaaah.. berita lanjutannya… eeee… laporannya mana yaaaa… lupa.. wah.. kliyengan… selalu deh… kliyengan

  20. dowh,, mbak yang atu ini bikin q geleng2 tenaan..

    imajinasiku yang mati atauu…

    mbak, kalo melek tengah malem tulung miskol akuu.. akhir2 iki susah melek.. 😦 T.T

    kadang saya pingin tanya ke malaikat raqib dan atid.. bagaimana catatan baik dan buruk saya ??

    bodohnya aku,,,
    T.T

  21. Pingback: Against All Odds: Selusin Cicak di Dinding Kamarku « Cuma Omong Kosong Tentang Hidup yang Menguap dari Kepalaku yang Pengap

  22. Mbah Yo…
    satu kata buat loe “DAHSYAT”
    blok loe selalu penuh dengan komentar2….
    ide kreatif loe keren banget, bahasa loe ok punya…
    seneng punya temen se dahsyat loe..
    masuk rombongannya luna maya aja, sama olga he…

  23. @har,
    aku d kene trus kok.. ra nandi2…
    meriangmu gung mari a har?
    sek panas koyoke bathuk’e..

    @kawanlama,
    hah?
    iya iya… saya kan udah dateng kemaren2..

    @hendra,
    hah? ini nulis komen lagi di kerinciii?? oh my goat! hebat kau, anak muda… masih sempat kau blog walking di puncak gunung…

    @kangboed,
    ini sebenernya yg tukang kliyengan aku opo sampeyan tho kang…

    @hafid,
    opo cah bagus…

    @nisa,
    miskol? bole… nomernya nisa berapah… *siapsiaphape*

    @fajar,
    terima kasih dik fajar… :blushing:

    @jee,
    dahsyat? oohh… ini sih cuma tai kucing belaka kalo dibandingin tulisan jee..

    @nia,
    ni… gw juga seneng punya temen sedahsyat lu… gimana kalo kita resign aja dari sini trus ikut luna maya sama olga… :mrgreen:

Leave a comment