Mari Kita Sukseskan GERPAKDE!

Sebagai salah satu penduduk gelap Jakarta [saya nggak punya KTP Jakarta biar udah hampir dua tahun numpang cari makan, makan, tidur, pipis, en defekasi di sini], saya adalah pengguna bis trans Jakarta yang setia. Kemana-mana saya naik BTJ [Bis Trans Jakarta aka busway]. Kemampuan spasial saya yang mengharukan dan menyebabkan saya sering nyasar agak tertutupi dengan naik BTJ yang kondekturnya sebentar-sebentar berteriak: ”halte Slamet Riyadi” atau ”halte Cawang UKI, yang mau transit kampung rambutan, kramat jati, pasar rebo silakan turun di sini.”

Tetapi hari itu, saya memilih naik BTJ yang salah… Bukan, bukan salah jurusan. Bis itu benar jurusan PGC-Senen yang harus saya tumpangi. Tapi penuh sekali, sodara. Saya ulangi, penuh sekali. Karena dari Cililitan saya masih harus menyambung angkot dan jarak tempuh perjalanan saya masih kurang lebih satu setengah jam lagi, and it’s getting late, maka saya putuskan untuk naik saja bis itu. Saya masuk tanpa mengetahui bahwa Tuhan sudah mempersiapkan sesuatu untuk saya di dalam…

Berdesak-desak dalam bis bermodal badan kecil, saya berusaha untuk tetap bernapas dan mencari udara di antara ketiak-ketiak manusia. Tentu saja saya mendapat udara. Udara bau asam. Seruangan penuh bau asam. Entah apa yang merasuki orang-orang malam itu hingga mereka kompak berbau asam. Orang di depan saya, di belakang, samping kanan, samping kiri. Pokoknya kemanapun kepala saya alihkan, cuma bau asam ketiak yang menyambut hidung saya.

Akhirnya saya cuma bisa menunduk, berhenti bernapas lewat hidung dan mulai mangap-mangap. Ikan mas koki aja kalah kali sama kemampuan saya bernapas lewat mulut. Huhu… Apa nggak terpikir oleh orang-orang ini untuk pake deodoran atau bedak BB atau tawas sekalipun untuk mengenyahkan bebauan tak sedap itu dari ketiak-ketiak mereka? Apa nggak terpikir oleh mereka bahwa mereka mungkin saja menjadi penyebab kematian seorang anak manusia yang terlalu lama menutup hidung dan bernapas lewat mulut? Apa hidung mereka tidak menangkap bau-bau tak enak itu? Apa apa apanya dooong….

Sunguh, di dalam bis penuh sesak manusia, tiada yang lebih kejam dari bau badan. Saya ulangi, tidak ada [well, kecuali perbuatan asusila sebagian orang yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan tentunya.] Maka saya putuskan, detik ini juga, saya canangkan Gerakan Pake Deodoran disingkat GERPAKDE. Mari teman-teman, kita sukseskan gerakan ini untuk mengurangi resiko kematian akibat bau ketek pada warga negara Indonesia. Hai orang-orang beriman maupun tidak beriman, saya mohon… kasihanilah hidung saya dan hidung orang lain di sekeliling Anda…

.

..

…biasakanlah menyebut BTJ atau bis trans Jakarta ketimbang busway, anak muda… karena busway itu lintasannya, bukan bus-nya…

57 thoughts on “Mari Kita Sukseskan GERPAKDE!

  1. Pertamax….
    wah pagi2 aku disuguhi bau asam kekekekkeke.
    jangan salah sangka, mereka dah pake deodoran kok, cuma yg bau nya alami. jadi deodoran bau asem :)) hasilnya seperti yg kamu rasakan xixixixixi

    • 😦 gagal pertamaxx….
      :mrgreen: seperti biasa Yo, aku tut wuri handayani ae, mau gerpakde, gerbudhe, gerpaklik atur aja selama kw bisa :mrenges::mrgreen:

      owh, sekarng bussway diganti BTJ to🙄
      nais inpoh gan😆

      • ya jel to las… las…
        wong tekomu yam mene arep’e pertamax…

        piye tho le…

        wis terusno ae mrengesmu iku…

        jo suwi2 gek engko garing untumu…
        :mrgreen:

  2. Kadang malah ya Yo, kita nyumpah gara-gara ketek orang bau asam … Kira-kira nie, mereka ngebauin bau yang sama juga ga di ketek kita ..??
    Sapa tau cuma kita aja yang ngerasa kita wangi …

    hehee ..
    Reply dari Yoan :
    “Kita ..? lu kali, Muzda …!”

  3. hakakakakaka…pasti asik banget tuh yo….
    tuh belum seberapa dibanding kamu naik kereta kelas 3 a.k.a ekonomi di akhir pekan….hahahaha..lebih dhasyat lagi..apalagi dengan menempuh perjalanan yang lebih lama…hihihihihi..ampun dah…ampun

    • huaha..
      aku pernah naek kereta ekonomi malang-jakarta yang penuh-sesak-lama-banget jalannya…

      dan yah, gitu deh pras..
      ampuun dije…:mrgreen:

  4. Gw pnya trik ni biar mw naek busway yg k kp rmbutan ga dpt yg pnuh, . .

    1. Naek yg pgc. .
    2. Pastiin di blakang g ada bs gndng. .
    3. Trun di bidara cina. .
    4. Bru naek yg k kp rmbtan
    Slamat mnkmati bus yg sepi. .😀

    • fufufu…
      tapi tujuan sayah bukan ke kampung rambutan dedek…
      saya cuma mau ke cililitan dr matraman…
      biasanya yg ke pgc tu sepisepi ajah…
      lah kok inih…

  5. hmm…. akhirnyaaaa…
    ooo… kamu ketahuaaaaan…
    tiap hari blog walking… selalu kliyengaaaan….
    mabuuuuuuuuk…. mateeeek… mabuuuk keteeeeeeek..
    huuuuuwaaaakaaakaakak… hihihi…
    Salam Sayang…

      • hihihihi… pantesan… kemana mana kliyengan.. pusing pusing… bawaannya mau muntaaaaaah… eee… tahunya gara gara sarapan paginya… salah sarapan mlulu siiih… nanti lagi jangan suka ciumin ketek orang mbaaak… telen and gigit serta kunyah aja sekalian… hahahaha….
        Salam Sayang

  6. wuakakak,, pake kembang tujuh rupa ajja dah… *walah*

    tawas iku sing kayak gimana tho mbak? *ampoon dh nisa..*
    beneran gag tau niy. . T.T

    • owh owh… mandi kembang tengah malam… jangan kau lakukan, nis…
      ntar masuk angin…

      tawas iku sing warnane putihputih iku lho…
      tekono simbok utowo simbah mesti ngerti…

  7. beberapa hari ini saya nonton temen yang lagi maen tenis meja. keringet kemana-mana. ruangan tertutup. dan haghh….”wangi tak sedap” langsung mampir ke idung! padahal ruangan gede, gak desek-desekan kaya di BTJ…

    apalagi dirimu yo yang lagi di BTJ!
    *kaliinisayagakmaungebayanginyo!:mrgreen:

    dan dengan ini saya menyatakan gabung dengan GERPAKDE!!

  8. Oalah mbak mbak..mulane ta ojo seneng ndusel2 nang panggonan sing ngunu2 iku. Wong wis eroh nek iku ngunu tempat pembuangan limbah pabrik asem kecut, kok yo jek mekso dileboni. Weleh..weleeeh..jyan nekad tenan sampeyan iku mbak. Opo ora wedi ta karo efek sampinge..marai sirah mumet, mripat klemun2, weteng muneg2, ati dadi sumpeg, gawane kudu eneg ae ambek sembarang kaler.. Lho..gak enak kan..? *iyoo..jare mbak’e: sing gak enak iku omonganmu Har..koyok manuk menco ae..angger njeplak*

    • peh…
      sing seneng ndusel2 ki sopo tho har… har…
      lek enek pilihan liyane yo tak pilih iku wae…
      timbangane aku kebengen… yok opo maneh lha wong gak enek sing iso ngeterno mbakmu iki… hiks…

      untunge awakmu gak melu har…
      lek melu tak jamin wis pingsan disek pastine awakmu…

  9. om yoan..lam kenal ya..
    gara2 agel mampir juga ni saia di blog anda..
    hehe..
    he..
    saia sarankan beli masker congor aja..
    kayak dicovernya linkin park..
    mesti yahud..
    keren juga,hehe..

    • haduh… keponakanku tercinta…
      kuijinkan kau memanggilku om…
      walau dengan hati yang luka…

      about the masker congor-nya linkin park…
      mauuu dooong…

      • Jiaahh..
        Si yoan dipanggil Oom..
        Gw tau,dbelakang dia bakal nangis2 guling2 garuk2 tembok..Kwakwakwak..
        Tabahkan hatimu,nak..:p
        trimalah nasibmu yg digilai brondonk2 (lho? Kok jd kyak gw?)
        whahahag

  10. Tepok pramukaa..*prok..Prookk*

    okeh..Allright..Oyeah..Oceh..*basa basi busuk dulu*

    Huwaa..Udh lama ga buka blog,ternyata si Yoan bikin GERPAKDE..Yo,gw jg maw bkin ah.GERODA..Gerakan Salto di Udara.Lumayan yo,gw skarang jd lincah lho,ampir dipaketin ke cina bwt akrobat..Ugh..Cita2 yg luhur..*nglantur mode:ON*

    kesimpulan nya yo, kalo mau nyebrang nengok kanan kiri ya (lho?)
    ugh..Pokoknya hidup angkot mania!!

    • ceboooooooonkkkkkkkkk………
      ke mana ajah dirimuh…
      diriku merindukan dirimuh bagaikan kemarau panjang merindukan musim hujan *muntahmuntahdahlubonk*

      gini aja deh, lu ikut GERPAKDE gw, ntar gw ikut GERODA lu dah.
      lumayan juga kalo kita bisa ke cina ga pake biaya cuma modal ahli salto aja…

      hidup Cebonk!

  11. iyo.. yo mbah,, ma’affkan anak muda ini,, lidahnya kelu menyebut BTJ atw “Bus Trans Jakarta” kepanjangan mbah… nanti keburu di “cut!! cut!!” hihihihhh…

    oaalaahh.. Gerpakde,, tak qira gerakan sayng pakde2 *ga’ jelas :mode: on
    kudu punya KTP jkt dulu mbah klo mo buat partai or grakkan semacamnya.. nanti kena razia loh.. :p

    sepertinya pengharum ruangan di dlm bus,, sudah tak mempan lagi…😦 dikalahkan bebauan alami yang lebih menusuk hidung… hiyaaaks… *klo begitu bwt apa dipasang,, mubazir jdnya..

    • huehehe…
      aku numpang mbikin KTP di rumahmu boleh ndak?
      boleh yaa…
      ntar aku bawain sesajen tiap minggu deh… *ditimpukwantipakekursi*

      sebenernya pengharum ruangan itu masih tercium sih..
      tapi kalo ketiak orang ada di depan hidung kita…
      ya jelas lebih kecium bebauan itu dong…
      hiks…

  12. (sebelum ngomong)
    *cruuut…cruuuut….cruuut…*
    Yo, aku wes wangi, iki mau nggawe mbak Paris Hilton.
    Ojo dimarahi aku Yo, aku mendukung GERPAKDE mu…
    Eeeeh, dirimu tau numpak KA Malang-Jakarta itu pasti namanya MATARMAJA. Lewat TAgung juga tuh Yo… (jadi inget jaman kuliah dulu, paling hobi naik kereta itu)

    • horeee…
      tambah satu lagi pendukungku…

      eh bener yu…
      matarmaja iku penyelamatku kalau lagi ga punya duit tapi pengen pulang kampung…
      lumayan seratus ribu udah bisa sampe lampung…:mrgreen:

  13. *semprotsemprotwewangiandarikembangmawardankembangtujuhrupah*

    dinda…
    berhentilah menutup hidung dan bernafas lewat mulut…
    bernafaslah lewat hati, tutuplah mata dari pandangan kotor duniawi…
    niscaya engkau akan mencium bau wewangian kembang tujuh rupah yang terpancar dari raga kakanda…
    :mrgreen:

    • telah kuhirup napas, kulihat peristiwa, dan kudengar berita lewat hatiku…
      karena itu aku yakin kamuh…
      kamuh…

      *halah kagak jelas…*

  14. *ngeliriiik atas*… *pura2 menghibur*… deeeek Yoan yang baeeeek… jangan putus asaaa.. maju terus pantang munduuuur… *bau deh kang*… hmm… kalau gak kliyengan mateeek.. *mabuk keteeek*… maka hilanglah ciri khas dik Yoaaan… yaitu… rada rada… asem kecut… hehehehe… *ampuuun*… tobaaaat… *kabur*… wah dilempaaaar deodoraaaan rasaaa keteeek..
    Salam Sayang

    • iyah banget om…
      haduh… kayaknya kalo mau bikin sayur asem gak perlu repot nyari asem deh.
      tinggal colek trus masukin jari ke panci aja…:mrgreen:

  15. huahaha… ternyata setelah sekian lama aku g nangkring disini dan dimana2 lagi keadaan mbak yoan gaswat juga. bau keti-aksss emang bikin wabah. hati2 bisa menyebabkan kematian bagi yang menghirupnya dgn penghayatan dlm. segeralah mencari ruang untuk menghirup udara segar jika anda dlm situasi terjepit (org2 bau keti), saudara saudara.
    hahahaha ^^v

    • hahaha… bener jee…
      ampun dije deh pokoknya…
      beruntunglah mereka yang bertubuh tinggi dan tidak harus berdiri memposisikan hidungnya tepat di bawah ketiak orang…:mrgreen:

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s