Liar! Liar! Burn in Hell!*

“When you tell a lie, you steal someone’s right to the truth…”

[Baba to Amir – Kite Runner]

Kadang saya bertanya-tanya, kenapa sih orang berbohong? Apa sangat sulit berkata (dan berlaku) jujur? Atau memang bohong sudah jadi macam bernafas sehingga serasa tercekik tenggorokan kalau lupa berbohong? Atau yang benar terlalu pahit dan ‘memalukan’ untuk diungkapkan sehingga sembunyi di balik dusta jadi satu-satunya sanktuari? Mungkin, mungkin memang terasa lebih nyaman untuk menutupi kebenaran dan memulas fakta dengan dusta-dusta yang mulanya tak terencana tapi lama-lama mewujud nyata…

Kadang saya semacam tak percaya pada diri saya sendiri yang terlalu naif dan terlampau mudah percaya pada manusia yang saya kira baik semuanya. Mungkin saya yang salah karena selalu ingin membantu dengan apapun yang saya mampu, walau sekedar menyediakan telinga. Mungkin beberapa orang tidak bermaksud menipu. Mereka mungkin hanya ‘lupa’ bagaimana caranya jujur dan bingung bagaimana memulainya. Untuk orang-orang ini, saya selalu sediakan tempat kembali.

Siapa yang tak pernah berbohong? Saya pikir kita semua pernah, dalam kadar yang berbeda, dengan alasan yang berbeda pula. Saya tahu saya dibohongi, tapi saya menunggu. Saya hanya ingin tahu alasannya. Itu saja. Dan saya akan berusaha keras untuk mengerti.

Ah, ya sudahlah. Mungkin seperti kata Muzda, bukannya mau berbohong, cuma tidak mau mengatakan yang sebenarnya… [bikin saya pengen nyanyi, ♫katakan… katakan sejujurnya… ♫]. Atau seperti yang Mbak Pit bilang, semua ada alasannya dan kadang kita gak harus tau kenapa… [tapi aku masih pengen tau jeee… *pentungdirisendiri*].

“There is a way to be good again.”

[Rahim Khan to Amir  – Kite Runner]

*dari judul lagunya The Used – Liar Liar (Burn in Hell) yang belakangan ini rajin diputar berulang di playlist saya.

.

..

last edited by yoan at 3 am, 11 june 2009. reason for editing: sadar kalau semua orang berbohong dan hidup nyaman dengan tidak mengungkapkan yang sebenarnya dan penulis mestinya tidak usah menulis postingan ini karena penulis juga kadangkadang malas mengatakan yang sebenarnya terjadi dan membiarkan orangorang menebak seenak udel mereka sendiri (asal jangan pake udel-nya penulis saja). sekian terima kasih. kok kayaknya editing reason malah jadi lebih panjang dari postingan sebenarnya ya? ah… mungkin saya sedang berusaha membohongi diri sendiri… *nggakngertijugamaksudnyaapa.biarkerenaja*

69 thoughts on “Liar! Liar! Burn in Hell!*

  1. jadi inget hassan😦 [bener ga jenenge Yo?yg dituduh mencuri itu lho?!]🙄
    untukmu keseribu kalinya….(manteb bener tu kalimat) hiks
    waduh, mesti OOT iki yen ng kene, tolong jgn diusir Yo,
    maklum newbie:mrgreen:

    *if you tell the truth, you don’t have to remember anything*
    ijin kopas kalimat om mark twain y gan…walopun saia masih saja seorang pembohong :hammer:
    kalo berkenan ijo2nya donk😆

    • iya tant… mantep bener kalimat itu… (ngulang doang)
      aku sampe gak mau nonton pilemnya karena tau pasti bakal nangis2 bombay…
      baca buku ebook nya aja berlinang air mata… (huehe… ya ya… aku yg cengeng)

      aku ijinkan kau mengopas kalimat om twain itu, anak muda…
      orang yang bohong kudu punya ingatan yang kuat dan gak lupaan gitu ta maksute tant?

      kapan pernah kuusir kau dari sini, anak muda? yang ada gw undang2 dirimu ke mari…:mrgreen: *ngirimcendol MODE ON*

  2. Kenapa harus merasa dibohongi ?
    Bisa aja karena dia (atau siapa pun itu) cuma sedang bernyanyi…
    “And I don’t want the world to see me, cause I don’t think that they’d understand.”

    Hanya bersembunyi, bukan berbohong.
    Hanya tak mengatakan yang sebenarnya, belum tentu bohong.

    Tapi kalau urusannya sudah nyolong ayam, dan gak ngaku, yaa.. itu bohong.

    *BIsakah analoginya dipake untuk kasus pencurian hati?*

    • karena e karena…
      namanya juga perasaaan, muz… terasa… *halah, opo tho*
      aku yang terlalu sensitif mungkin…
      mudah ngerasain kalo sesuatu yang kurang beres sedang terjadi sama orang-orang yang aku sayang… (kenapa gw ngga sekalian dikasi kemampuan ‘nerawang’ aja ya biar ga usah bertanya-tanya lagi ‘ada apa?’)

      *pencurian hati? purapura ngga ngerti…:mrgreen: *

  3. everything has its own reason. sometimes we don’t have to know what it is. one day, when every pieces of puzzles complete, you’ll know why.
    just wait and see. the winner laughs the last. and the best ALWAYS come to those who wait.

    *angop*

    • lek angop ditutup mbak…
      mengko lek klebon laler lho…

      iya ya mbak? ada alesane… mesti. aku cuma pengen tau, apa?
      semoga aja idup ini bener2 kayak pilem, ketauan akhir semua nasib pemainnya. aku jadi penonton saja biar bisa tau dan mencoba mengerti semua.

  4. sering banget saya boong mba.
    boong sama temen..mamah..papah..
    ngga tau ya. kaya udah biasa aja gitu ngomong ngga jujur.
    tapi saya boongnya ngga parah kok.
    biasa laah. boong anak muda. kayak bolos les, kabur dari sekolaan.
    yaaah yang begitu2 lah.
    hahaha
    :curhat:

    • saya sering dibohongi, dhil…
      apa saya jadi manusia terlalu polos ya?

      hhh! baiklah! besok2 saya tidak mau terlalu polos lagi! saya mau banyakbanyak bohong saja! *lho?*

  5. Berbohong yah berbohong adalah sendi kehidupan, dusta adalah nafas.

    *Salammanisuntukparapendusta*

    Katakan yang benar meski pahit.
    sayang mulutku tidak tahan pahit,sehingga seringkali bohong terluncur dari bibirku.

    *ngladrahtekanndindirajelas*

    Iya Pit yang tertawa terakhir adalah pemenangnya.

    • ya om…
      maka bernafaslah puaspuas…
      asal jangan kau rampas udara dari orang lain yang juga punya hak menghirupnya…

      sekian. terima kasih.

  6. nah…itu dia…
    ga tau jg kenapa manusia berbohong. kadang sih karena kepepet.
    tapi yang malesin itu kalo bohongnya udah merugikan orang lain. fuuhhhh… nyusahin itu namanya.

  7. berbohong kadang penting, apalagi demi keselamatan perkuliahan (bc: titip absen):mrgreen:
    aku juga ngga ngerti knapa ada orang yang tega boongin orang lain. padahal kalo ketauan boongnya kan rasanya maluuuuk banget, berasa kejatohan bumi! apa jangan2 para pembohong tu udah ga punya urat malu ya🙄

    • aku selama kuliah nggak pernah titip absen…
      bolos ya bolos aja… mencoba bertanggungjawab atas apa yang kulakukan dan tidak kulakukan… *sokiyes:mrgreen: *

      fufufu… iya phiy… urat malu-nya sudah putus mungkin…
      kasian ya…

  8. terkadang ada suatu hal yang akan Lebih baik jika tak diungkap atau dengan berbohong..

    kadang banyak juga yang berbohong pada diri sendiri..

    tapi sebisa mungkin si sayah mencoba untuk tetap ‘jurur’ waLau itu ‘susah’ kenyataan nya.

    nah kaLo ‘nipu’ baru deh ga boLeh, Langsung di hajar aja tante..😆

    • iya ya nat? bohong lebih gampang?
      yah… mungkin saya memang harus terima fakta itu ya…

      fine frenzy? blum pernah denger… *guglingdulu*

    • bukan sesak lagi, shof…
      setiap saya (mencoba) bohong, duduk saya ngga pernah bisa tenang…
      jantung berdetak jauh lebih kencang dari biasanya, muka saya langsung merah, muncul bintik-bintik di kulit (lah, ini orang alergi udang apa orang mau bohong?:mrgreen: *

      I’m not a good liar… but I cant always tell the truth either…
      jadi saya memilih untuk tidak menjawab pertanyaan orang ketimbang harus berbohong dan menyesal sesaat kemudian…

  9. kalo saya bukan pembohong, tp beruasaha tuk tidak berkata bohong😀
    dalam arti kata : kalo ga ditanya ga harus dikasih tau kan, kalo ditanya jawab aja yg berbelit-belit bikin org males denger *gaya si pinokio di shrek 3 waktu ditanya dimana Shrek berada:mrgreen:

    intinya tidak berkata-kata dusta.. *hiyaah, alesan!!! jgn ditiru ya sodara-sodara…😛

    • semacam setuju, deee…
      intinya, jangan ada dusta di antara kita… *halah*

      berpikir dan menjawab secara diplomatik itu perlu, ternyata…:mrgreen:

  10. Kejujuran adalah barang langka di muka bumi… hidup tukul… ee.. hidup jujur sekarang ini siaplah ditendang… cape deeeeh
    Salam Sayang

    • kalo capek ya istirahat tho kang…
      ngga usah repot dan terlalu dipikirkan…
      asal kita jujurnya pinter, kita yg bakal nendang orang yg ga jujur…

    • buatku sih ya… bohong mah bohong aja, pan…
      kalo mau bohong mbok ya ngga usah pake alesan ‘buat kebaikan’ segala…

      *sayajugamencobauntukjujurapaadanya*

  11. kadan9kala berbohon9 itu perlu supaYa tak menyakiti perasaan siempuna ** bohon9 in condition
    like my mom said: klu dikasih makanan sma oran9,apapun rasana bilan9 saja enak,jan9an terus teran9 bil.nda enak meski meman9 be9itu rasana..

    aku pernah berbohon9,demi kebaikan,tapi lebih suka jujur seklipun menyakitkan..😦

    kLu nda mau dibohon9i ya jan9an berbohon9🙂

    • kalo ga mau dibohongi jangan berbohong?
      hhh… kadang ga sesimpel itu kan wiend…
      kita jujur sampe seolah darah di balik pembuluh terlihat jelas, tetap saja ada orangorang yang membohongi kita…

  12. @kawanlama,
    dibikin lebih muda ya, om?
    hah… kalo uda tua mah tua aja lah… jujur aja kayak sayah…:mrgreen:

    @andyan,
    engkau benar belaka, anak muda…

  13. duh… kyknya,gw banged ne…. tp klo gw c.. sptnya bkn pembohong… tp ratu tipu… hahha.. penipu kq bangga….

    c penulis c kyknya, sm aj kyk gw.. hihihi….

    suka ngeselin….hehhe

  14. klo qu lebih suka diam.. atau nyengir2 ga jelas..:mrgreen: (sepertinya niy spesialisasi qu d.. ),, karena terkadang terlalu ju2r pun bahaya..
    **untuk beberapa kasus.. terutama dlm m’hadapi para gosiper.. :p

    berbohong jelas salah..,, dan qu pun bukan orang suci yang lepas dari dosa itu…

    • hohoho… diem2 en nyengir gak jelas memang senjata ampuh, ya…

      kalau bisa nggak berbohong kan bagus ya, ria…
      saya termasuk jujur cenderung naif karena tiap ditanya orang pasti saya jawab… *janganjangansayadikutukkayakEllaEnchanted…😆 *

      • iya mba,, tetep… jujur lebih baik..
        lagian bohong juga capek mba,, butuh extra energi… buat qu berasanya siy gitu,, mangkanya daripada bohong mending diem+nyengir2 aja d.. :p

Leave a Reply

