Gue yang Ogah Kawin, Kok Elo yang Rese?!*

Fufufu… dulu jamannya kuliah tingkat akhir n ngerjain skripsi, paling eneg kalo ditanya-tanyain: “Kapan lulus?” Giliran udah lulus, paling males kalo ditanya-tanyain: “Kapan kerja?” Sekarang pas udah bener-bener kerja, suka empet kalo ditanya-tanyain: “Kapan kawin?”

Sebenernya tu pertanyaan standar2 aja sih ya. Cuma males aja kalo tiap ketemu orang yang ditanyain “Kapan kawin?”. Oh kambing ku…  (oh my goat!) apa pentingnya sih nanyain begituan? ntar juga kalo gw (akhirnya) kawin bakalan ngundang situ juga kok.

Lagian… tau nih… kejadian akhir-akhir ini kok malah tambah bikin saya enggan menikah ya. Suami-suami yang pada selingkuh n kencing sembarang tempat, orang-orang kawin-cerai di mana-mana, suami-suami mike-tyson-wannabe yang demen jadiin istrinya sansak buat latihan tinju…

Halah…

Andai saja hidup ini bisa lengkap tanpa harus menikah… *ditimpukinorangseindonesia*

Well, saya sih, pengen punya anak. Pengen ngerasain ada kehidupan di dalam rahim saya. Pengen ngerasain melahirkan yang katanya sakitnya kalo nggak kuat iman bisa bikin orang murtad *lebaydah*. Pengen melihat dan menyaksikan anak manusia bertumbuh dan tahu bahwa ia adalah bagian dari saya, darah dan daging bahkan beberpa sifat saya menurun padanya…

Tapi kalau ngomongin nikah (sebagai salah satu cara untuk mendapatkan anak tanpa harus jadi bahan cemoohan seumur hidup), semuanya kok jadi mentah lagi…

*judul novel-nya Christian Simamora, “Shit Happens: Gue yang Ogah Kawin, Kok Elo yang Rese?!”. Dari halaman pertama aja udah bikin saya berjengit karena pilihan kata yang dipake tidak umum digunakan dalam novel-novel Indonesia lainnya (apa sii gw…). Tapi ini novel lumayan lah, enteng… Bisa selesai sekali duduk…*

99 thoughts on “Gue yang Ogah Kawin, Kok Elo yang Rese?!*

  1. ya aku tak mau rese sama dikau. jadi apapun yang kau inginkan aku tak mau membantah .

    Yang paling sulit itu adalah kita nga bisa mengintip apa yang menjadi ketetapan Allah

  2. iya – sayah juga males😦
    sayah udah kawin ditanya “kapan mo punya momongan?”
    udah punya momongan “kapan mo gendong cucu?”
    belum punya cucu “kapan mo kawin lagi?” huaaaaaaaaaa 😀

    tapi kalo emg udah pada siap buat nikah dan kawin mending tidak perlu
    ditunda2. keburu expired lho…..😮

    • expired?
      dikata sarden bisa expired…

      nikah/kawin itu bukan masalah siap ga siap kali…
      nikah itu kok kayaknya jenis ‘pekerjaan’ yang siap ga siap kudu dilakonin kalo udah tiba saatnya…
      dan semasa belum tiba saatnya…
      santai saja dulu…

      *ngomong yo? kagak… merepet kagak jelas doang…:mrgreen: *

    • mati?
      lebih salah lagi kalo ada yang nanyain saya kapan mau mati…
      wong sudah kangen banget sama yang namanya ‘dewa kematian’ kok…:mrgreen:

      *ngocehsambilnyeruputkopisampekopinyamuncratkemanamana*
      :mrgreen:

    • ah, biasa aja kok dek…
      menjadi dewasa itu sama sekali nggak susah…
      bersikap dewasa lah yang kadang sulit…

      salam kenal juga…

      *meluncurkeTKP*

  3. kalo aku ditanya kapan kawin, tinggal balikin?
    “punya stok ngga?” sambil cengir-cengir najong😆

    haah.. gimana yah.. *inhale.. exhale*

    setiap pilihan pasti ada konsekuensinya mba yo..
    menikah ada konsekuensinya,
    merawan (<< bahasa apa inih?) juga ada konsekuensinya.

    tugas kita cuma menjalani hidup sebaik2nya, semua kembali ke Ilah,
    yang punya planing, yang punya skenario.
    kalopun menikah kelak, ya berusaha jadi istri yang baik,
    kalopun urung menikah, ya berusaha menjaga hati dan diri yang baik.

    inahsantum ahsantum lianfusikum..(17:7)
    jika kamu berbuat baik maka kebaikan itu untuk dirimu sendiri…

    :]

    • iyah phiy.. kamu benar belaka…
      semua ada konsekuensinya…
      dan sebagai orang yang ngaku umat Muhammad saw, saya kudu nikah walau sekarang bilangnya males2an…:mrgreen:
      itu salah satu konsekuensi saya pilih hidup Islam…

      dan saya sangat setuju bahwa kita memang tinggal menjalani hidup walaupun konon katanya, takdir dan doa bertarung di ‘atas’ sana untuk benarbenar menentukan jalan hidup kita…

      dan satu lagi…
      kita berbuat baik, bukan cuma untuk diri kita sendiri…
      ada yang lebih besar dari sekedar (berniat) berbuat hanya untuk diri pribadi…🙂

  4. pertanyaan kapan kerja yang sering bikin saya lemes yo, sensitif, kadang2 jadi beban juga!haghhh….

    kalo mau nikah gak ditanya “udah kerja blm, kerja apa, dah punya rumah blm, anak dari keluarga mana?”, kayanya saya cepet nikah yo!:mrgreen:

    *pengensegeramelengkapiibadah…😀

    • huhu… aku menegrti maksudmu, anak muda…
      kerja itu jadi syarat menikah ya buat lakilaki…
      padahal kalo saya pribadi sih, kerja itu ga terlalu urgent…
      yang penting bisa mencukupi semua kebutuhan istri dan anakanaknya…

      *huahaha…. duit buat mencukupi kebutuhan itu dari mana yo? ngerampok???
      ditimpukinmassa*

  5. Mbak yo..,
    Anti itu lutuuu deh jadi gemez..
    Yah ya ya let it flow aj deh.,
    *sebenarny bingung jg neh mo koment apa’an*

  6. jadi tanggal berapa tante yo?
    ak ada calon neh….
    ampe buat tanggal 8 juli (he…he…capres y…
    kita siap..jadi tim sukses kok mba…
    oh y hampir lupa mau upload foto mbah pake kebaya ah….:D

    • whuaa… nia… niaaaa….. jangan aplot di fesbuk…
      tak kuasa aku meladeni para penggemarkuh yang berebutan minta poto bareng kalau sampai kau aplot itu poto dayang2 nyi roro kidul…:mrgreen:

      ehm… tanggal?
      tanggal???
      pengennya sih kalo ga 9-9-2009 ya 10-10-2010…

      huahahaha…. *ketawasetan*

  7. wah.. sama tu.. kapan wisuda ? *bosen denger nya ya*

    kawin ? gampang aja si mba, nikah nya yang susah..
    *ikutdigebukinorangseindonesia*

    tapi sayah pernah baca dimana gitu ya kata nya
    menurut isLam tak menikah pun tak apa apa..
    *mikirbacadarimanayawaktutu*

    ah maap, pengetahuan sayah tentang itu kurang mendaLam..

    jadi kapan tante undangan nya ?:mrgreen:

    tambahan : sabtu kemaren di 21 ketemu sama orang yang mirip banget sama radityadika *gueajakaLahmirip* apa beneran dia ya ? :garuk*

    • hayo niko… kalo mau ngomong soal hukum islam harus jelas ya sumbernya dari mana. itu ayat apa hadis? kalo hadis harus jelas ya sanad-nya, itu hadis shahih apa palsu… ngga boleh asal ngomong! *iniceritanyaguelaginegoreluyako*

      undangan? udah lama ulang tahun saya ngga pake diraya2in… jadi gimana ya…
      kalo mau ngundang juga ntar atuh, akhir tahun… kita kan bocah desember, ko!
      eh, elu ngga jelas ding lahirnya kapan…

      tambahanbalesan: ngga mungkin itu radityadika. si radit lagi asik ngupil sambil kayang tu katanya…:mrgreen:

      • nah tu dia tante.. sayah Lupa baca dimana.. *agakmeragukanemang*

        ah iya.. ngerayain bareng ya ? *tauajauLtahsayahgajelas*

        wah iya radit disitu ? tapi sumpe miriiipp……….

  8. hehehe.. tak kirain dah punya cucu.. eee.. kemaren katanya anaknya dah tiga.. sekarang belum nyang beneeeer nyang manaaaaa…
    Salam Sayang

    • yaelah gimana sih yaz…
      dirimu kan tukang parkirnya…
      tenang aja kalo makanan mah,
      pokoknya kalo tamu2 udah pada pulang, diaz boleh abisin tu sisa2 makanannya…
      :mrgreen:

  9. ^nongoldikitahh..^

    menjadi seorang ibu, mendidik generasi muda -anak2nya- supaya mengenal Sang Kholiq,, punya anak sholeh, sholehah,, doanya jadi amal jariyah kita kelaak di akhirat…
    semoga qt bs jd anak, ibu, dan istri yak baikk.. amin..

    ^masuklagikerumahsiputah..^

    gudlak,mbak y0w!!

  10. tau nggak jeng, kenapa ada kawin-cerai-kawin-cerai?
    soalnya, kalo udah ngerasain kawin, terus cerai, ntar suka pengen kawin lagi, perkara cerai lagi mah, tergantung niatnya, hehehe…
    tapi, kalo belum ngerasain kawin, emang susah buat ketagihan,
    aduhhhh… apa seeeehhh???
    jadi, kapan kawin?

    • halah…
      salah gw posting beginian…
      masi aja ditanya2in kapan…

      sigh… nasib anak muda yang enggan kawin…
      *sokmuda*

      bu dian, saya kalo bisa ntar kalo udah sekali kawin nggak mau pake cerai, ah…

      :peace ya bu dian…:mrgreen:

    • apaaaa??? saya gokil???

      hah! itu pitnah belaka!
      sayah…
      sayah aslinya pendiam dan pemalu kok… *cengarcengirnajong*
      serius… beneran… ngga bo’ong… cuma agak melebih-lebihkan…:mrgreen:

      salam kenal juga adikkuh…

      *sett dah.. gw berasa tua banget dah dikelilingin anak2 smp n sma…
      *ah… awet muda! awet muda! *gakjelas MODE ON*

    • iyah… ada2 aja ni yang punya blog:mrgreen:

      ehm… ya mau sih… tapi kok… tapi… tapi kan itu udah saya jelasin di postingaaannnn….

      hhh…

  11. wuedyann…
    selesai baca nopel dalam sekali duduk..

    kw baca di wc to Yo?!🙄
    trus si kuning ga mau menghilang?!jd kw menunggu sambil baca nopelnya?!

    kalo bener tolong ijo2nya gan:mrgreen:

    malah OOT iki *sigh*
    [tenang Yo, akeh kancane kalo cm sebah dgn pertanyaan macam itu]:mrgreen: maneh ahh…

    • lha wong duduk-nya berjam2 ya selesai tho mbaca nopelnya… :p

      for your inpormasion, aku ngga baca di WC apalagi WC terkutuk tempat aku harus menunggu hampir satu jam sebelum lele kuning ituh akhirnya tenggelam!

      karna kamu salah, maka aku lempar bata merah saja, anak muda… *ketawasetan*

      hohoho… nasib orangorang berusia seperempat abad ya, tant?:mrgreen: juga aahh…

    • emang bukan?:mrgreen:

      haduh… pundung euy…

      iya deh iya… kalo ngga mau bantuin jadi tukang parkir gapapa…
      masi ada penerima tamu sama jadi hiasan background pelaminan…
      megangain janur kuning ataw ngipasin penganten…

      mau? mau? mau?

      huahahahaha…

  12. hahahaha..kalo aku sih pinggingnya …mmm….:ande aja hidup nggak nuntut kerja tapi langsung bisa nikah”…kayaknya bisa lebih PeWe a.k.a Nyaman asoi geboi deh…hahahahaha…:p

    • lhou…
      saya sampe bingung nolakin-nya saking pada berebutan mau sama sayah… *berasasembakomurahguedirebutin*

      iia… insya Allah iiaaa…*apasii…*

    • waduh…
      kalo maybe yes maybe no…
      ada kemungkinan enggak bakal dung…

      saya kan…
      ehm… mau… tapi nggak tau siapnya kapan…
      *lho.. pelanpelancurhat*

    • ama siaaapaaaa???
      salah tu kl ada yg nanya gitu. harusnya saya yg nanya…
      secara mana ada orang sanggup hidup sama orang gila depresif macam saya:mrgreen:

    • ga perlu minta maap sama saya, nat… bukan saya kok yg nulis…:mrgreen:

      saya baca juga karena pernah baca bukunya si Simamora yg Pacaran sama Anjing (gitu bukan ya judulnya? lupa euy…), lumayan lucu…
      dan yang penting enteng…
      otak saya lagi ga muat di bebanin buku2 berat…

      *pusingngeliatdaftartunggubacaanbelumadayangdibaca*

  13. nti kLu ke 9ramed tak carina buku ini..

    iya ju9a seeh kadan9 suka aneh ajah sma pertanyaan2 iTu..
    tokh jika suda tiba waktunya dan tepat waktunya ju9a akan smapai pada fase itu..
    kenapa seeh suka ban9ed nanya2..

    jadi kapan neeh yoo..😛
    heheh
    ** kabuurrrrrrrrr

    • iya tuh…
      iseng amat kali ya pada suka nanya begituan…
      mbok ya ngga usah pake nanya, tapi langsung aja difasilitasi…
      kan enak tho?:mrgreen:

      *kejeryangkabur*

  14. wohohooo,, pertanyaan2 itu kynya sdh jadi standar org untuk sekedar basa-basi mba,, dan sepertinya sudah semakin basi karena cuma bikin orang yg ditanya makan ati, huehehhh…

    klo qu ditanya gituan paling cm nyengir2 kuda,,:mrgreen:

    hidup, mati, rizqi, dan jodoh sudah ada yang mengatur.. dan sudah tertulis sejak ruh ditiupkan kejasad ini.. jadi,, klo memang belum saatnya.. ya belum,, klo sudah ya nanti juga tau… hihihh

  15. sebener sih tuh orang2 niat nya bukan pada rese tapi lebih ke ignorant. di tengah situasi dunia yang udah over-populated begini masih aja mikirin gimana caranya bikin nih dunia lebih tambah sesak lagi.

    laen kali ada yang tanya, jawab aja “tar kalo gw dah kepengen kawin, baru gw kawin”. atau jawab “tunggu sampe gw dapet yang ganteng sebab gw gak mau menambah jumlah orang jelek, kite kudu memperbanyak orang ganteng/cantik, bukan orang jelek”.

Leave a Reply

