AMNESIA

amnesia

Saya suka sendirian dan menikmati waktu bersama diri saya sendiri saja.

Saya suka berjalan di bawah hujan. Menggigil tapi tak mau cepat-cepat berteduh.

Saya suka tidurtiduran sambil memandangi langit dan purapura merenung sampai akhirnya benarbenar tertidur.

Saya suka Dee, Supernova, Filosofi Kopi, Rectoverso dan apapun saja karya Dee.

Saya suka Chopin dan Bach, terutama Pieces Played on the Guitar-nya Bach.

Saya suka ngelopekin luka yang sudah jadi koreng di lutut.

Saya tidak suka film-film sedih karena tidak tahan menangis.

Saya suka jus stroberi.

Saya suka ketawa sendiri waktu liat bentuk awan yang anehaneh

Saya suka berada di rumah walau hanya berdiam-diam saja dengan ayah saya.

Saya suka kegelapan. Karena itu saya suka kalau listrik padam malam-malam. Sepi. Tenang. Gelap… Pengenbunuhdiri… *huehehe… enggak lah*

Saya tidak suka keramaian. Membuat perut saya mulas dan ingin muntah.

Saya tidak suka jagung. Bukan karena rasanya. Tapi karena mengingatkan saya pada seseorang dan dihadapkan pada jagung (terutama jagung rebus) bisa bikin saya nangis tanpa diminta.

Saya suka banyak hal dan tidak suka pada beberapa hal. Sama seperti kalian.

Saya sering berpikir. Kalau karena suatu hal saya mengalami amnesia, apakah saya akan lupa semua ini? Apakah semua ingatan saya tentang halhal yang saya suka dan tidak suka akan hilang mendadak dan tidak bisa diketemukan lagi? Apakah saya lalu akan lupa pada temanteman dan keluarga saya? Apakah saya bahkan akan lupa nama saya sendiri?

Saya takut anjing. Ketakutan saya pada anjing mungkin hanya bisa dikalahkan oleh ketakutan saya pada lakilaki. Tapi pagi ini saya mungkin mengalami semacam amnesia. Saya lupa kalau saya takut pada anjing. Dan sayapun berjalan dengan santai di trotoar. Di samping saya seekor anjing berbulu hitam-coklat berjalan sambil menggeram pelan. Di depan saya seekor anjing entah jenis apa memandangi saya lekat. Tapi sepertinya ia juga sedang terkena amnesia. Anjing itu lupa menggonggong dan membiarkan saya lewat begitu saja.

Apa iya, saya (dan anjinganjing itu) amnesia? Mungkinkah saya (dan anjinganjing itu) mengidap retrograde amnesia dan tidak bisa ingat pengalamanpengalaman atau peritiwaperistiwa masa lalu? Apakah amnesia ini menyebabkan anjinganjing itu lupa kodrat dan kebiasaan mereka menggonggong?

Atau saya (dan anjinganjing itu) terkena dissociative amnesia yang ternyata membuang jauh ingatan kami akan pengetahuan terhadap diri sendiri? Janganjangan ini membuat anjinganjing itu malah merasa mereka adalah kelinci. Tapi saya masih ingat nama saya kok, lengkap dengan tanggal lahir, alamat, nomer henpon, dan halhal kesukaan saya.

Humm… nggak mungkin juga saya kena traumatic amnesia. Lah saya kan gak ngalami kecelakaan yang bikin kepala saya kejedot benda keras sampe gak sadar berhari-hari. Dan yang pasti saya nggak mungkin kena korsakoff’s psychosis yang terjadi karena penyalahgunaan alkohol. Wong pengalaman ‘beralkohol’ saya cuma sebatas bersihin luka di lutut pake alkohol 80% kok… Yah, saya nggak tau juga apa anjinganjing itu abis mabok semalam sampesampe paginya jadi ‘amnesia’…

Lha terus kenapa? Yo embuh… kok malah balik tanya tho…

Tapi waktu liat anjinganjing itu lagi hari ini, saya kembali kaku. Ternyata saya nggak jadi amnesia. Saya tetap takut anjing, dan lakilaki.

.

..

…gambar ituh judulnya AMNESIA, pertama dikirim oleh seorang teman di fesbuk yg beranggapan bahwa gambar ini sangat puitis. tp sebenernya gambar ini asalnya dari sini

52 thoughts on “AMNESIA

  1. Aku juga takut anjing, Nyah..
    dan sepertinya aku juga takut laki-laki🙂

    Naaa,, kalo pas di trotoar itu kamu jadi lupa kalo kamu takut anjing, berarti wkatu itu kamu lagi nggak takut ma laki-laki,, hhahaa..
    *terjemahan bebas yang sama sekali gak perlu direnungi*😀

  2. gambarnya sungguh menggambarkan amnesia….bagaimana seekor kucing lupa ikan sebagai mangsanya…
    kadang aku pikir klo otak itu PC aku mau menghapus beberapa memorinya…
    tapi aku kini sadar dengan memori yang mungkin pernah buat kita sedih itu kadang aku bisa lebih menghargai keberadaanku kini, adanya aku kini…..aku syukuri..ku bahagia teret tet tet tet tet

    *inibarungomonggapentink*

  3. Saya ini pelupa akut, tapi saya tidak pernah lupa bahwa saya omnivora
    Kasian kucingnya……. mungkin dia mengalami syndrom goldfield waktu lagi diet daging-dagingan.

  4. Yoan, kenapa tanya ke kita kalau anjing2 itu amnesia? Tanya aja ke anjing laki-laki yang ga menggonggong meskipun kafilah tetap berlalu.

  5. aih, mbak yoan… kok kesukaan kita nyaris sama ya ? hehhe.
    hanya 2 hal yang g sama, “Chopin dan Bach” soalnya aku lum tau. tapi pernah liat2 digoogle g salah ttg bach (atau salah haha). dan itu… ttg jagung.
    aku suka banget ama lukisannya. iya kayak berpuisi.
    tapi setelah baca ini aku mulai curiga jangan2 aku retrograde amnesia (aku langsung nyari apa itu retrograde amnesia)

    salam semangat !

  6. entahlah… sepertinya aku mengidap amnesia…
    aku lupa bahwasanya bahagia itu ada batas waktunya…
    dan aku lupa, kalau kata-kata itu menggambarkan kondisi psikologis penulisnya…
    aku juga lupa, bahwasanya adalah satu hal yang paling tidak aku fahami…
    dia membahagiakan, namun juga menghancurkan…
    aku lupa… bahwasanya dunia dan segala kisahnya berputar menuju kefanaan…
    aku sadar, bahwa aku baru sahaja mengidap amnesia temporer…
    maka kembalilah aku pada ketiadaan… dibelakang muka-muka mereka yang berpaling…

  7. ko bisa ya si kucing “masa bodo” ma ikan yang ada di depannya? lagi ga minta makan, lagi ga laper, jutek, ato emang bener amnesia? tapi kan kucing ga punya ingatan, ga punya otak kaya manusia? ikutan yo ah, nyoba mikir!hhee…

    santai jalan di trotoar padahal ada anjing? kayanya lebih tepat “lupa” ketimbang amnesia.

    beneran yo takut ma lakilaki yang kaya gitu?
    tapi ko kenapa sayagasukmayangnamanyarenangya!? wualahngelantur…

  8. @dhilacious,
    huehehe… iya tuh. suka sebel ama diri sendiri kenapa masi gemeteran aja kalo liat anjing…
    tp untungh ga takut smua binatang kayak dhila ya…:mrgreen:

    @muzda,
    haha… simptomnya sama sih muz, kalo liat anjing n lakilaki: gemetar, keringat dingin, badan kaku ga bisa gerak… huahaha… dodol banget gw…

    @shofiyah,
    sip. kesadaran bahwa kamu bahagia itulah yang penting…

    @animusparagnos,
    sindrom goldfield:mrgreen:. tapi mungkin juga tu kucing lg pengen istirahat jadi kucing yg doyan ikan…

    @indahrephi,
    iya ya… jangan2 kita saudara kembar yang terpisah sejak bayi… *sinetron MODE ON*

    @mangkum,
    jiaahhh… gimana mau nanya? ngeliat aja kita gemeteran…

    @aden kejawen,
    gigu ki opo tho, den… karo anjing’e opo karo lakilaki?:mrgreen:

    @M.suryaikhsanudin,
    tenang om… saya nggak suka lirak-lirik kok…

    @jee,
    hiyaa jee… itu pertanda kita bisa jadi teman baik,mungkin…😀
    amnesia itu ga ujug2 terjadi kok jee.. tenang aja…SEMANGAT!

    @h4ry4n4,
    lupa itu kalau sudah pernah tahu tapi tidak mampu mengingat kembali… kalau belum?:mrgreen:

    @infinite justice,
    mau gimana lagi? cuma TUHAN yang gak berbatas. hidup, manusia, kebahagiaan, penderitaan, semua berbatas.
    just live this life with arms wide open sajalah, kakanda… toh apapun bisa terjadi, dan tak ada yang tdk bisa kita hadapi, insya Allah…
    *lagisenangnulispuisikahkakanda?*

    @irfan,
    kucingnya lg amnesia… *maksa*
    humm,,, lakilaki yg kayak gitu itu yg kayak mana, pan?
    yg brengsek, yg suka ‘pipis’ sembarangan, suka selingkuh, ninggalin istrinya en kabur sama perempuan lain, yg suka mukulin istrinya sampe babak belur dan hampir mati?
    ya, yg begituan mah nyeremin, pan…

    @ageleng,
    iya. kucing di aer, ikan di udara…

    @si dede,
    anjing mah anjing aja, de…

  9. @phiy,
    hueheh.. parah itu mah amnesianya…
    suka bach juga phiy?

    @wahyu,
    ojo nduk ayu… amnesia ki ra penak blass…

    @newbiedika,
    ho oh. banget…

    @omiyan,
    tikus mah tinggal di racun aja om..

    @diajeng,
    lha jenenge amnesia, diajeng…
    huehe… yo ndak popo… nggak mimpi digigit ular kanbelum tentu nggak akan nikah… *lho?*

    @dindacute,
    nggak kuat masang gambar anjingnya din… tatuutt…:mrgreen:
    hmm… dinda? dinda yg mana yaa???😀

    @billy koesoemadinata,
    saya suka kopi apa aja, tp kalo bisa jangan yg instan..
    saya kadang2 suka jalan, kadang2 suka ngesot…
    saya suka ke pantai kemudian teriakku… *AADC mode on*
    btw, amnesia ga enak lg bil..

    @macangadungan,
    saya lg gak mikir apaapa tuh…
    *mungkiniturahasianya*

    @achoey,
    galak gak galak, anjing tetep anjing om..
    uy… penulis rupanya om kita satu ini…
    *nunggunovelgratisan*

    @rayyahidayat,
    euleuh si rayya… mancing2 yaa…
    *pentung rayya pake tanda seru!*

  10. lagisenangnulispuisikahkakanda?

    di salah satu koran yang kakanda simak, adalah salah satu kolom dimana semua sahaja bisa mengirimkan puisi via sms… dan yang jadi ganjalan bagi kakanda ialah bahwasanya kakanda melihat begitu banyak orang-orang yang seperti kakanda; mengidap sakit gila nomer 64: pengin jadi Sapardi Djoko Damono dengan kemampuan merangkai kata yang cekak… walhasil, kakanda pun merasa ganjil… dan apakah yang musti kanda lakukan untuk mengasah kemampuan?…

    setidaknya sekarang kanda punya tujuan, pengin memikat adinda dengan karya tulis yang begitu indah bersahaja, yang bakal adinda kira kanda menyomot, menyuplik dan menyadur karyanya Gunawan Mohamad…

    *entahkepanabelakanganjadisedikitgila;menunjukkansimptompsikosisstadiumlanjut*

  11. Kalau saya amnesia terhadap pengalaman yg mestinya dpt dijadikan pelajaran buat bangsa ini, apakah banyak juga orang2 di sekitar kita yang seperti itu?
    Salam hangat buat orang hebat…🙂

  12. @infinite justice,
    *shock*
    *purapuramalu*
    kakanda, tulislah saja sebanyak mungkin puisi dan prosa yang kanda bisa…
    lalu kirimkanlah padaku…
    *senangbuatpuisidanprosamasihjauhdarigilakok… tenangsajalahkakandamasihadaadindayangakanmembacadanmengagumisemuatulisanmu*

    @rian xavier,
    hoho… sukurlah ingat bahwa kamu amnesia…

    @murid baru,
    amnesia nggak serta merta terjadi kok…
    lupa dan amnesia itu beda jauh lho pak dosen…

    @angga labyrinth,
    karena kucingnya lagi amnesia, angga…🙂

    @nisa,
    humm.. soalnya sesama ulat dilarang saling melupakan ya nis..:mrgreen:

    @tan3a,
    jiaahhh… mosok seorang tantri cuma menuliskan sepatah kata saja dalam komennya…
    *sayakecewa*

    @tuannico,
    *pentungnikoyanggakjadihiatus*

    @dion,
    lakilaki itu… bisa lebih dari nggigit lagi, yon…
    wuaaaa… pokoknya serem, dion…

  13. Semoga mbak yoan kena amnesia selamanya! Eh, bukan, maksud saya, semoga ketakutan2 yang-menurut saya, tidak beralasan, bisa mbak hilangkan selamanya.

    Anjing nggak akan ‘asal’ gigit, dia juga punya peri”keanjingan”, (kecuali anjing gila rabiesan, kale yah🙂 !)

    laki2 juga tidak akan asal “gigit” jika para wanita tidak mengumbar apa yang menjadi makanan kesukaanya. Ya, tho?

  14. Ah di4z, terima kasih…
    Dr sekian bnyak komentar, cuma kmu yg mendoakan ‘kesembuhan’ sayah…
    Sy terharu dan ingin curhat pdmu…

    Tahukah kau di4z…
    Berapa banyak lakilaki yg menyakiti perempuan2 yg katanya mereka cintai setengah mati…

    Berapa banyak lakilaki yg hobi menyakiti istrinya, doyan mukuli istrinya, berkhianat pd istrinya…
    Banyak di4z… Dan itu terjadi di depan mata saya, pd perempuan2 yg sy kenal baik…
    Shg mmbuat sy muak cenderung benci sekaligus ‘takut’ pd lakilaki…

    Tp terima kasih sekali lg di4z, tlg sekalian doakan sy ketemu lakilaki baik luardalam yg gak akan menyakiti sayah…

  15. tenangsajalahkakandamasihadaadindayangakanmembacadanmengagumi
    semuatulisanmu

    *tertegunpenuhkeharuan*
    *membisukehabisankata*
    *jarijemarigemetartakmampuberloncatandiataskeyboard*
    *mampusdenganbahagia…*

    ndak, kanda ndak lagi snewen koq… bila ada tangis haru-bahagia, maka pastinya adapula pingsan bahagia…

  16. pertma: puji syukur
    kedua: sholawat
    ketiga:terimakasih wordpress
    keempat: kak yo… menurutkku sekarang ini banyak orng yang amnesia lho, amnesia punya Tuhan, amnesia punya “saudara”, atawa amnesia kalo sebelum dilahirkan dia pernah berikrar untuk bertuhan padaNya…
    kelima: blog ini dipasang sbg paporit di blog ku
    keenam; Bye..

  17. Yoan takyut laki2… pantesan pas ketemu di Malang diem mulu, celingak-celinguk, diem lagi, pandangan mata kosong, kadang bola mata muter atau bergerak ke kanan kiri, lidah juga kadang menjulur-julur dan liur netes. Hm, sekarang sy tahu alasannya.

  18. @ceznez,
    ya know,,, saya sudah lama nggak peduli sama pendapat orang tentang saya…

    @itmam,
    nggak sekalian ngeteh sama makan pisang goreng, om?

    @infinite justice,
    saya heran sama kakanda…
    kalau kita bisa merasakan bahagia dengan sadar dan waraswaras terjaga, kenapa pula harus pingsan dan jadi gila?
    tapi tak mengapalah kakanda, whatever makes you happy…:mrgreen:

    @shofiyah,
    iya tu… pada OOT… biarin deh… *pasrah*
    humm… lucu ya shof? iya, saya sampe hampir gila ni kayaknya…

    @mufid with CAPITAL LETTER,
    pertama, alhamdulillah…
    kedua, shollu ‘alaih..
    ketiga, terima kasih om matt mullenweg yang sudah repotrepot menyediakan wordpress sebagai sarana aktualisasi diri banyak anak manusia di muka bumi…
    keempat, aku sangat setuju sama kamu adikku…
    kelima, *akuterharudanakansegeraakanmemasanglinkblogmu, fid…*
    keenam, sampai jumpa lagi, fid… insya Allah kita masih bisa bertemu…

    @divansemesta,
    aduh… pengen kabur rasanya ketauan pak divan… tapi… kayaknya saya gak pake netes2in liur segala deh…

    @achoey,
    iyak om, ni mo ngupdate (en mo istirahat):mrgreen:

  19. Pingback: Siap Mati untuk Kamu: Bukan Bohong Belaka « Cuma Omong Kosong Tentang Hidup yang Menguap dari Kepalaku yang Pengap

  20. hehe.. jadi inget sama temenku. reaksinya trhadap ulat (makhluk yg paling dia benci) dan laki2 kecengannya (makhluk yg paling dia suka) sama. mukanya merah, loncat2 ga jelas, n meracau.
    btw, bisa ga sih amnesia terhadap hal2 tertentu aja? ada hal2 yg sbaiknya dilupakan saja.

  21. ech tapi ada loch kusin9 ma tikus,kan biasana diser9ap,ech inih malah dicuexin 9ituh,dibiarin lewat inih kejadian di rumah..

    hemmm..aku ju9a suka dee..
    jika yoan lupa akan smua kenan9an2 ituh,aku akan berusaha untuk membuatmu kembali men9in9atnya..🙂

  22. aku juga kena semacam amnesia! ……………tadi mau ngomong apa lagi yak? (suer nih,tadi mau bilang apaan aku lupa) …………………..[sehari kemudian]
    ……………..!! oh iya!! tadiakumaungomong…………………………..? yaelah jadi lupa lagi………….. =(

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s