Kacamata Tuhan

Waktu lagi di pelabuhan Sidney, Oom Paulo Coelho didatengin sama bapakbapak. Kayaknya sih orang Ostrali. Orang Ostrali ini minta tolong sama Oom Paulo buat mbacain iklan di koran yang dia bawa.

Orang Ostrali (OOs): “Tolong bacain ini dong Pak. Tulisannya kecil banget. Saya nggak keliatan”

Oom Paulo Coelho (OPC): “Wah, maap banget Pak. Saya teh lagi gak bawa kacamata. Sama aja euy. Gak keliatan juga.”

OOs: “Oh, ya udah deh. Gapapa kok. Eh tapi tau gak? Saya pikir Tuhan juga matanya rabun deh. Bukan karena Dia uda tua ya. Tapi karena Dia pengennya begitu. Jadi kalo ada orang yang ngelakuin sesuatu yang gak bener, Dia selalu bisa bilang kalo Dia gak begitu liat. Trus akhirnya Dia maapin orang itu karena Dia gak mau berlaku gak adil…”

OPC: “Lah terus gimana kalo orang itu berbuat baik?”

OOs: “Hehe, Tuhan tentu saja gak pernah ninggalin kacamata-Nya di rumah…” *ketawaketawa gak jelas sambil pergi begitu aja*

Dialognya Oom Paulo Coelho sama orang Ostrali tadi agak absurd mungkin ya. Si orang Ostrali itu bisa-bisanya mbayangin Tuhan pake kacamata en pura-pura rabun. Ade-ade aje lu Os!:mrgreen:

Fufufu… Dan Tuhan memang benar-benar baik… Dibiarkan-Nya saya terus belajar, menyesap saripati kehidupan lewat banyak pengalaman manusia. Dibiarkan-Nya saya memunguti hikmah yang tercecer dari setiap peristiwa. Dibiarkan-Nya saya terus hidup sambil sesekali menertawakan lelucon-Nya yang terkadang sadis…

Dan saya cuma bisa berharap, kalau saya tersesat, Ia tak lama-lama membiarkan saya bertanya-tanya…

.

..

…percakapan agak aneh itu saya terjemahkan dengan bebas sekali dari bukunya Oom Paulo Coelho: Like the Flowing River..

57 thoughts on “Kacamata Tuhan

  1. kacamata itu bernama hidayah, aduhai adinda…
    dan sungguh sial sekali orang yang mendapat jatah kacamata kuda, dia itu sesat dan sungguh menyesatkan…
    dan alangkah beruntung mereka yang diperjelas penglihatannya dengan kacamata berupa hidayah, sebab mereka akan merunut jalan lurus, jalan cahaya yang terang benderang menerangi setiap sudut qalbunya…

    *tidak percaya dengan apa yang sudah saya tulis sendiri*😯

  2. Yoan … lu baru ngimpi yaa ..??
    Hmm,, kacamata Tuhan… apa ya filosofinya ..??
    Sumpah lo ngajak orang mikir deh …
    Hmm…
    Gini kali yaa,, lu mo bilang kenapa orang jahat bisa idup seneng, koruptor makin kaya, maling bisa bebas, orang sembelit masih bisa makan…
    Iya nggak sih ..??

  3. Iya DIA emang baik banget. Kalo kita berniat untuk melakukan kebaikan, walaupun belum dilaksanakan tapi niat udah dapat pahala.
    Tapi kalo kita berniat melakukan keburukan/kejahatan, dia tidak akan menghitung niat itu sebelum keburukan itu benar2 kita lakukan.
    Baik ya?😀

  4. Berusaha memahamiMu hanya akan membuatku pusing tujuh keliling. Berusaha mencariMu hanya membuatku semakin letih dan tersesat. Tapi ketika aku mencintaiMu, aku tak perlu lagi mencari dan memahamiMu. Karna kini.. Engkaulah yg telah menjadi Mata dan Hatiku. Salam kenal ya mbak. Maaf jika ungkapan ini ada yg kurang berkenan.

  5. takdir Alloh itu selalu indah….
    tinggal kita memaknainya
    kala itu musibah, itu bisa menggugurkan dosa-dosa kecil kita
    kala itu kebahagiaan itu adalah nikmat dari-Nya an kita di coba dengan itu akan bersyukurkah kita

    *ikutan sock baca tulisan sendiri* -> tapi ga sampae melotot
    ^_^

  6. @diajeng,
    ya, semoga deh…

    @infinite justice,
    amiin…
    *menemukankebijaksanaandalamtulisankakanda*

    @muzda,
    fufufu… i dream every day but not in my sleep…
    *penafsiransayaserahkanpadapembaca*

    @artasastra,
    sepakat…

    @mangkum,
    coba pinjem versi ‘manusia’-nya dari Tuhan…

    @siwi,
    he eh. baik…
    *berasaiklansimcard*

    @indahrephi,
    Ya, Dia Benar-Benar Maha…

    @wi3nd,
    ya, bahkan lebih dekat dari urat nadi sendiri…

    @tan3a,
    tumben komen’e mek sak iprit…

    @wh,
    huhu…
    just dont stop thinking, yeuh?:mrgreen:

    @hary4na,
    bagaimana saya bisa gak berkenan dengan pernyataan kamuh…
    salam kenal juga🙂

    @kacrut,
    *purapuragakbacakomenkacrut*

    @shofiyah,
    karena memang kita takkan pernah tahu, apa yang akan terjadi nanti… biarlah yang kita tahu hanya bahwa, kita harus coba maknai hari ini… dan biar esok menjadi misteri…
    *nyomotliriklagunyatherain*

  7. Tuhan tidak akan meninggalkan kita kok, Yo.
    Bukankah lebih sering sebaliknya ya?

    Kalau kia bertanya ‘Tuhan di mana?’, maka Ia menjawab ‘Sesungguhnya Aku sangat dekat’

    nice post🙂

  8. jaadi pengen nyanyi..
    selangkah kudekat padamu, seribu langkah kau dekat padaku (Mengemis CInta “SNADA”) tapi ada juga lho Mengemis Cintanya “Dedi Dores” kek gini nech: “Aku bukan pengemis cinta……..aaa..aa.a.a.a…aaa.a” heheh kira kira begitu dah.. god luck ka’YO

  9. Paulo Coelho? kayanya pernah denger ma nama ini!?hhee…
    Tuhan emang ngebiarin kita buat terus belajar, berpikir. tapi kadang-kadang kita malah lupa inget Dia. Malah Dia yang mulai bikin kita inget Dia lewat lelucon, lewat hikmah, ato lewat musibah.

    “Dan saya cuma bisa berharap, kalau saya tersesat, Ia tak lama-lama membiarkan saya bertanya-tanya…”

    Semoga…Saya juga berharap sama kaya yo..

  10. @rayya,
    iya ya..
    *ntarakutanyaindulukeTUHANapaDIAduetsegalasamaafgan*

    @aden,
    nggak tau tuh. emang biasanya gimana gitu?

    @mufid,
    fufufu…
    gw ga pake ngemis juga TUHAN udah cinta banget kali. gw nya aja yg ga tau diri…
    tengs uda doain kakakmu ini pit..

    @budi,
    saya..
    setuju..
    sekali..

    @endy,
    iya dedek…
    hehe

    @asri,
    jiahh… jangan di makan, as…

    @irfan,
    fufufu…
    iya si oom…:mrgreen:
    Tuhan memang Ada Ada Saja…

    @aden (lagi),
    oi aden!
    saya baik. kamu?

    @jenderal,
    binun? bagus, berarti Anda berpikir…:mrgreen:

    @tukangobatbersahaja,
    huehehe… kalo beneran rabun, uda di LASIK kali…😀

    @bocahbancar,
    amiin…

  11. itu beneran Paulo Cuelho ketemu sama om2 yang ngomong itu?
    iya ya… kalo dipikir2 Tuhan begitu mudah memaafkan kesalahan kita dan tidak langsung menegur kita, tapi juga begitu cepat membalas kebaikan yg kita lakukan🙂

  12. @macangadungan,
    ho oh. diceritain di bukunya yg “Like the Flowing River”…

    @wahyu,
    hueheh.. etrserah wahyu saja mau ditafsirkan seperti apah..
    uda ngerjain pe-er? bagooosss…

  13. lho.. mbaa… “aku rindu pulang padaMu”??
    apaaa nih maksudnnyaaa??

    ayuh, sini dulu, cangkrukan sama temen2 dulu… yuk…
    masih banyak gosip yang perlu dibicarain nih… ngegosip bangsa kita maksudnyah…😀

    *opo2an, bangsa kok digosipin… wkwkwk*

  14. @yoana,
    amiin…

    @ezra,
    ho oh kali ya, saya kan serupa kutu. hitam, kecil, menyebalkan…

    @rizal,
    humm.. lg kutuan mas? pake garuk2 kepala segala…:mrgreen:

    @irfan,
    tapi ga enak i fan…
    koyok komen’e uakeh tenan ae, padahal yo ndobleh. aku aku maneh sing reply…

    @hafid,
    maksudnya… *purapuramikirtrusngacir*
    yo mending tho nggosipin bangsa, daripada ngerampoki bangsa…

    @wahyu,
    ealah cah ayu… mboten nopo-nopo kok…
    sing penting awakmu bahagia…:mrgreen:

    @soulharmony,
    untuk info lebih lanjut, silakan hubungi nomer telpon yang tertera di layar televisi Anda…😀

    @rossa,
    halo? ooohhh… masih mikir ya ca? terusin deh…:mrgreen:

    @gerrilyawan,
    iya om… mau titip salam? :p

    @casualcutie,
    wah.. sama dong… saya juga baru tau dari orangostralianeh ituh…

  15. tuhantuhantuhantuhan
    tuhantuhantuhantuhan
    tuhantuhantuhantuhantu
    hantuhantuhantuhantuhan
    hantuhantuhantuhantu
    hantuhantuhantuhantu

    dikutip dengan bebas dari puisi nya remy syLaLado.
    ya kira kira begitu..hhi

  16. semoga saat kita tersesat DIA disana segera menyentil kita. bukannya duduk2 sambil tiduran. hehehehe siapa itu ya yang duduk2 sambil tiduran ?😀

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s