Otak Lu Di Mana Seeh???

Familiar kan sama kalimat umpatan di atas? Orang kalo marah *en jatuh cinta* memang mengagumkan. Segala macem kombinasi umpatan bisa keluar. Contoh: *Dasar gobl0k! Otak lu di dengkul ya?* Owh owh… salah. Salah besar.

Kalo ada orang yg punya otak lebih di dengkul, bisa masuk guiness book of record tuh. Otak cuma ada di kepala. Masalahnya, berfungsi dengan baik atau tidak otaknya ituh…

Pernah denger dong kalo otak tu ada belahan kanan ama belahan kiri. Otak kiri mengendalikan badan kita yang sebelah kanan. Otak kanan mengendalikan badan kita yang sebelah kiri. Kalo otak kiri tu jagonya berpikir rasional, sistematis, detail, analitis, linear (searah). Kalo masalah matematika, bahasa, tulisan ama logika, otak kiri deh yang banyak maen. Nah, kalo otak kanan, sumbernya emosi, musik, intuisi, imajinasi, khayalan, kreatifitas, en kecerdasan spasial (pengenalan ruang).

h121

Kata para peneliti yang ahli (jangan tanya siapa. Pokoknya jangan), mayoritas manusia yg idup di dunia ini banyak make otak kiri. Yg make otak kanan cuma sedikit. Apalagi yang bisa make kedua belahan otak ini. Cuma sedikit banget. Ini bisa aja karena pola asuh, proses belajar dan kebiasaan kita. Padahal, kalo kita bisa menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri, hasilnya bakalan ruarrrr biasa, sodara. Kebayang dong, kalo Einsten pasti otak kirinya yang lebih dominan. Mozart otak kanannya yg lebih banyak dipake. Kalo digabungin, kita bisa dapet superhuman…*dinyanyiin kayak Chris Brown yaa*

Terus, terus, gimana dong Yo biar bisa jadi superhuman? Kau benar2 ingin tau, anak muda? Baiklah kalau begitu, akan saya kasi tau rahasianya.

Ada dua cara menyeimbangkan kinerja otak, yaitu dengan musik dan olah raga. Waktu kita mendengarkan musik yang kita sukai, kita bakal merasa senang dan nyaman. Akan tumbuh energi positif yang akan membuat otak kita bekerja lebih efektif. Dengan olahraga, terutama senam, seluruh tubuh kita bergerak. Gerakan tubuh bagian kiri, akan merangsang kerja otak kanan. Begitu juga sebaliknya. Gerakan tubuh bagian kanan, akan direspon oleh otak kiri.

Pernah denger senam otak? Pertama saya denger frase ini saya ngebayangin otak saya gerak-gerak ngikutin musik senam SKJ. Tapi saya salah. Senam otak itu rangkaian gerakan yang bisa membantu mengkoordinasikan tubuh dan otak kita. Gerakan2 dalam senam otak misalnya mengangkat kaki kiri dan tangan kanan bersamaan. Trus gantian kaki kanan en tangan kiri. Persis kalo anak ska lagi nari pogo deh.

Senam otak ini bener-bener efektif lho untuk menyeimbangkan kinerja otak. Jadi otak kanan dan otak kiri kita bisa berfungsi dengan sama baiknya en kita jadi bisa lebih konsentrasi. Percaya ga percaya, senam otak bahkan bisa bikin anak yang kurang percaya diri jadi lebih pe-de!

41 thoughts on “Otak Lu Di Mana Seeh???

  1. Coba deh ngegerakin tangan kanan dan kaki kanan bersamaan… tapi yg tangan kanan muter searah jarum jam, dan kaki kiri muter berlawanan arah jarum jam, atau sebaliknya yang penting tangan dan kaki muter ke arah berbeda…

    Pasti susah!! Hehehee..

  2. ahaha… saya pernah baca tulisan tentang otak Einstein koq. katanya volumenya memang lebih besar ketimbang volume otak manusia pada umumnya. meski demikian, saya sempat heran juga mengapa Einstein pada waktu kecil mirip anak autis, hingga kudu dibawa ke dokter segala…:mrgreen:

    ledekan yang nggak lucu;
    Gimana sih, lu? otak kiri ama kanan lu gak nyambung ya? ga bisa sinkron gitu?

    ledekan yang lebih nggak lucu lagi;
    otak lu dimana sih?

    jawab:
    dasar bego, letak otak aja nggak tauk. nanyanya kenceng lagi?! ga malu didenger orang?!

    *ah… koq nggak lucu ya komen saya?*
    *ngeloyor pergi*

  3. iya sayah pernah denger tentang senam otak tu..
    tapi susah sih praktekin nya..

    oh ada Lagi s0Llain “otak Lo di dengkuL ya?”

    yaitu “jaLan tu pake mata” yang bener kan jaLan ya pake kaki.
    terus ” Lu ni ngomong nya ga pake rahang” hha, yang bener kan ngomong ya pake muLut dan suara dikeLuarkan oLeh pita suara..

    orang indonesia memang hebat membuat perumpamaan yang sebenar nya malah tidak mereka mengerti.
    yang penting ngomong aja. hhe

  4. wah…senam otak saya belum pernah tau tuh…

    kalau kram otak tau…
    sering banget tuh….
    kalo mau ujian ato abis ujian…
    klo lagi gak ada duit trus kelaperan….
    atau kalo lagi sakit perut pengen kebelakang..🙂

  5. ntarrr ntarrrr… saya lagi cari otak niiee…. ada yang tau gak?? dimana sihhhh rumahnya otak?? apa ini otak-otak yang enak banget dimakan pake sambel kacang yang pedes itu?? ato menu gulai otak di RM padang, yang pedes-pedes enakk…..

    laahhhh, gara-gara komen jadi laperrr…. xixixixixiixx

    salam kenal mas eh mbak, hehehehe

  6. @pak suharmono,
    otak udang sih nama makanan kaleng di singapur *katanya kahfi*

    @anto84,
    ya iyalah bener, gw gitu loh *sok MODE ON*
    gara2 anto demen hetrik, saya jadi tertarik gabung di hiblogikoh…

    @diazhandsome,
    tergantung lu bokernya gimana.
    kalo sambil goyang tangan ama kaki bisa dianggep olahraga deh kayaknya.
    tp kalo otak kanan-kiri lu jalan, lu ditinggalin tanpa otak dung… :peace:p

    @ruth,
    tadinya sayah mo praktekin anjuran kamu itu ke temen sekantor sayah,
    tapi belum apa2 sayah uda dipelototin,
    takut ah…:mrgreen:

    @cebonk,
    ah cebonk,
    mau tau otak kamu gede apa engga?
    ambil semangka, trus tanyain ke dia: semangka, semangka, kira2 otak gw gede apa engga ya?
    huehehe…
    tukeran link? ayookk…

    @omiyan,
    selamat om! kalo omiyan bingung, itu tandanya omiyan *masih* pake otak😀

    @tan3,
    kalo otak isinya ta** tok, tanyakan saja pada dirimu sendiri gimana…
    *awas ati2, pegangin tu kepalanya biar isinya gak kemana2 :mrgreen:*

    @aziz,
    jiaaahh.. senam otak kan bahasanya doang. yg gerak2 tetep anggota badan, om…
    kagak bikin capek kok *kecuali kalo om senamnya 24 jam non-stop*

    @lembahbaliem,
    sebenernya kita gak perlu tau kalo kita punya otak,
    kita tau apa engga juga otak itu tetep aja ada di sana.
    seperti Tuhan..*lho kok?*

    @infinitejustice,
    eh eh, anak autis en anak yg kategori IQ-nya jongkok juga punya banyak kelebihan loh.
    kalo ga percaya coba deh kamu ngaca… *huehehehe…:peace:p*

    *tenang aja om, dik angel ngakak tu baca komen om.
    itu artinya, om luuu…cuuu… pinterr…*

    @an9el,
    setuju setujuuu setujuuuu

    @tuannico,
    hidup orang indonesia!
    (praktek senam otak ga susah kok. ntar kalo bukunya uda terbit saya kabarin deh *promosi MODE ON*)

    @sariyatno,
    okeh, sama sama, bang!

    @anto84,
    anto…
    kamu nge-fans ya sama sayah…
    aduuhh… jadi pengen malu *sambil muntahmuntah :mrgreen:*

    @jenderal,
    huehehe…
    iyah, saya juga sering kram otak mah…
    moga2 itu bukan penyakit keturunan ya jel…:D

    @gerrilyawan,
    orang kreatip katanya yang kayak om gerrilyawan…
    tapi kalo otak bisa dicopot2 dulu asik kali ye…
    bisa dicuci kalo lagi kotor, bisa di masukin kulkas kalo lagi panas…

    @nA,
    nA…
    mau dong otak2bumbu kacang ama gulai otaknya..
    salam kenal jugaaaaaaaaaa……….

  7. Hahay, biasanya manusia yg punya kelebihan otak kanannya lebih baik, dianugrahi daya kreatifitas yg tinggi ya, kalo suruh milih, tentunya aku pingin punya otak kananku yg lebih baik,he5
    Obsesi jadi seniman nggak kesampaian..hahahaha
    Btw, bener tuh, senam poco2 termasuk senam otak nggak yo? Masalahnya kombinasi gerakannya meras otak juga,hahaha..aku td pagi olahraga poco-poco dikampus, ada 7 gerakan..susahe puol..hi5:-D

  8. @mahardikadewi,
    bisa jadi begitu…
    yo’a… musik bener2 ngebantu hari kita *sadar ga sadar*

    @boker,
    yg penting otaknya dipake, ker…

    @idana,
    iya nih.
    laperrr…
    ngantuukk…
    pengen nikah… *lho?*

    @lifechoice,
    ur welcome… huehehehe

    @starwrite,
    lho, mulai skrng suru aja si otak senam.. biar langsing-an…

    @prasetya yudha,
    yg bagus dua2nya seimbang kan pras…
    senam poco2? aq lupa yg begimana yak? *dudulz nya…*

    @rossa,
    wah, hebat sekali kamu anak muda,
    punya otak di dengkul…
    kamu pasti salah satu dari tujuh keajaiban dunia…:mrgreen:

    @saliem87,
    iya. trus kenapa? salah gue? salah temen2 gue? *lho kok nyolot?*

    @ahmad jazi,
    yuukk senam…

    @haris,
    mau sih ngasi contoh…
    tapi bagaimana mungkin… membaca saja aku sulit… *lho?*

    @hafid algristian,
    hummm… emang drummer punya otak?
    *eits, sori… kabur aja ah sebelum ditimpuk stik drum:mrgreen: *

    @bang diod,
    kagak ape2 mamen…
    btw, gimana kabar otaknya bang diod?😀

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s