Bukan Masalah Kamu Sekolah atau Kuliah di Mana

untitled

Kemaren waktu liat scrabble, saya langsung inget Kak Iin, kakak kelas saya di MAN I Bandar Lampung dulu. Ya, jaman sekolah dulu ayah saya ngotot banget nyekolahin saya ke ‘sekolah yang bernafaskan Islam’. Dari SD AL-Azhar, trus lulus es-de saya ‘dipaksa’ masuk pesantren, tiga tahun kemudian saya didorong2 lagi masuk MAN (Madrasah Aliyah Negeri). Saya sih iya aja (setelah diancem gak disekolahin en disuru pulang kampung ke pedalaman Sumatera Selatan buat ngurusin kebon).

Off to Kak Iin. Kak Iin ini salah seorang kakak kelas saya yang lumayan nyentrik. Memori paling kuat yang saya ingat dari keberadaan Kak Iin adalah saat lomba bahasa Inggris di Unila. Waktu itu saya cuma jadi penggembira. Ikut2an quiz contest. Menang sukur gak menang bunuh diri *enggak lah*. Sementara beberapa orang teman saya ikut lomba Story Telling n Debate, si Kak Iin ini ikut lomba scrabble. Ngelawan anak SMA.

Ya sama2 tau lah (or kamu ga tau? wateverlah). Kalo denger kata MAN pasti yang ada di benak mayoritas kalian adalah anak2 kerudungan, culun-culun n gak ngerti apaapa. Sama tuh dengan yang terbaca jelas di muka anak2 SMA yang lomba bahasa inggris waktu itu. Banyak celetukan bernada sinis dan merendahkan yang dialamatkan khusus buat kami.

“Anak MAN? Aturnya ikut MTQ (Mustabaqah Tilawatil Quran) ajah…”

“Emangnya anak MAN ngerti bahasa inggris?”

“MAN? Yang sekolahnya deket sawah itu kan? Hahahaha….”

Lucu.

Tapi seperti yang bisa kalian tebak *emang pada nebak apah? :mrgreen:*, kami menang di hampir semua cabang (Kak Iin sih jagonya scrabble. Vocab-nya nggak abis-abis). Fragmen favorit saya adalah waktu Kak Iin maju ke depan buat nerima piala bergilir untuk sekolah yang menang paling banyak. Kak Iin maju setelah dia menggulung celananya sampai di bawah lutut. Waktu ditanya kenapa sama panitia yang ngasiin piala, Kak Iin jawab sambil ngacungin itu piala: “Maklum, sekolah kami deket sawah…”

Huahahaha….

Kak Iin! You rock!

What I’m trying to say is, gak masalah kamu sekolah atau kuliah di mana. Yang penting adalah gimana kita bisa berfungsi dengan baik sesuai peran kita masing-masing dan bisa berguna buat orang-orang di sekeliling kita. Sukur-sukur bisa bikin dunia ini jadi jauh lebih baik dengan adanya kita…

p.s. gambarnya gak nyambung. iya, tau. tapi saya suka aja ma gambar ituh…:mrgreen:

29 thoughts on “Bukan Masalah Kamu Sekolah atau Kuliah di Mana

  1. Hahaha..kak lin tuh orang yg kreatip pasti. Nggak pinter doank, tp dia jg nyentrik ya..hehehe
    Bnyk kan org berprestasi yg dari sekolah yg biasa-biasa aja. Jangan lihat sesuatu dari kulitnya, pelajaran yg bs dpetik dari postingan kamu. Thx yan..:-D

  2. hehe.. gue juga dulu pas ada lomba scrabble di kampus – kuliah, gue ikutan. temen2 gue pada ga percaya kalo gue bisa english. maklum, gue jarang ngobrol sih..😛

    tapi yah, ga taunya gue sampe final four. dan, kalah dengan tragiss..😛

  3. Wah… MAN justru sekolah yg bagus tuh, di serang Banten Madrasah aliyah negrinya sangat berprestasi… Lgian di era globalisasi skg ini di butuhkan sekolah yg porsi pelajaran agamanya lebih banyak, agar para siswanya punya ketahanan akidah yg kuat…tp yg jelas sekolah d mana sj tergantung orgnya jg si..

  4. terkadang anggapan orang *kurang tepat* tentang siswa/i sekolah swasta ataupun pendidikan agama. mereka dianggap lebih oON… lebih cuYuN… tapi sedikit yang menganggap lebih PINTER😀

  5. Sekolah Agama itu sangat baik membuat kita lebih mawas diri siapa diri kita sebenarnya…yg terpenting moral dan mental serta nilai-nilai keagamaan lebih baik…
    salam hangat selalu dari Ayah…

  6. @prasetya yudha,
    emang tu si kak Iin, meuni nyentrik pisan.
    sipp. dont judge a book by its cover yeuh…

    @hejis,
    whuahahaha. setuju deh…:mrgreen:

    @billy koesoemadinata,
    kalah menang sih gak penting2 amat.
    yang penting kita maju en gak nyerah begitu aja.
    betul tidak?

    @roy saputra,
    bener bener. mari bung rebut kembaliii!!!

    @kawanlama95,
    tengkyu tengkyu.
    salam kenal juga. tengs juga dah mampir di blog sayah…

    @pak ahmadjazi,
    wah iya pak. saya sih bangga sama sekolahan saya.
    dulu malah saya en temen2 saya sampe males pulang karna betah banget di skolah…

    @tuyi,
    hohoho… yo jelas no, mewah. sekolaanku jee…:mrgreen:

    @itmam,
    yah, dehel lah dgn anggapan orang.
    yg penting kita-nya gak berhenti berusaha en semangat utk terus maju en mengembangkan diri.

    @rafki,
    iya dek, uda saya udah nempelin komen kok di blog kamuh…

    @boker,
    makasi ya uda setuju sama mas yoan…
    *taktaulagimaungomongapakarenaterusdipanggilmas*

    @anto84,
    huehehe… kena penyakit gila nomer 29 nih: gila komen hetrik:mrgreen:

    @sibaho,
    yuukk… yg penting gimana kitanya ajah ya…

    @ayah,
    ayah, engkau membuat ku terharu…
    salam hangat selalu juga deh…

    @suharmono,
    weiss,
    setujuuuu….

  7. slmt sore mas?!🙄
    hihhi…
    *pura2 terprovokasi lagi ah…
    wah, jangan2 Kak Lin tuh seorang anggota Laskar Pelangi Yo?!
    mantab wis…
    pokoke setuju terus aku Yo, selama nulismu bener
    hihihihii

  8. Siiip, dah mantap/….

    Ga peduli kamu sekolah atau kuliah di mana namun jadilah yang terbaik di lingkungan tersebut…(pengulangan dengan sedikit pengubahan seperlunya…(^_^)..

    Nice post kawan….

    Salam Bocahbancar….

  9. @tan3,
    *terlihatlah sekarang bahwa jiwamu terlalu rentan dengan provokasi, anakmuda…*
    bagus deh. setuju aja yak. kalo gak setuju gw panggilin jelangkung!

    @bocahbancar,
    wah, setuju banget tuh.
    jadi yang terbaik en kalahkan stigma buruk yg ditempelin orang2 ke jidat kita!
    merdeka!

  10. iye jar, kalo lu ikut pasti lu deh yg paling pinter ngejeknya…

    *daku ingat waktu es-de dulu engkau sudah sangat pandai ‘mengejek’ orang, anak muda…*

  11. eh, bukannya sekarang banyak sekolah MAN yang fasilitas belajar dan berbahasanya sudah sangat keren2?
    salut! dan dari dulu memang tidak boleh memandang rendah latar belakang yang mewah *mepet sawah*…!!!
    *kalo esde saya dulu mepet laut*

  12. iya emang.. emang gitu kok.. biasnaya yg direndahin jadi yg paling atas..

    keep rock.. buat kak lin..

    wekekekke…

    kamu batu kak lin.. [terjemahan dari you’re rock kak lin] wekekekkekke

  13. @hafid,
    hohoho… salut buat diri2 kita yg gak berenti cuma karena omongan jelek orang!

    @kacrut,
    he eh ya? apa istilahnya crut? undergod? eh, enderdog? embuh wis… :mrgeen:

    @tuannico,
    di sukarame ko… pojok deket lapangan golf…
    *ga usah merasa bersalah anak muda, sayah juga cuma tau wayhalim, sukarame, pahoman, sama kemiling :p

Leave a Reply

