Manikebu vs Realisme Sosial

Kemarin sore selepas magrib, seorang teman saya sms gini: “Yo, aku kurang paham ttg realisme sosial yg dianut Pram (Pramoedya Ananta Toer). Trus yg manikebu vs realisme sosial itu gimana?”

Saya teriak dalem hati, wadefak! Apa kamu kacang (are u nut?).

Buset. Berat amat nanyanya, pikir saya. Gak tau apa kalo otak saya isinya cuma tai?

Terpaksa saya inget2 lagi. Tapi gak inget *nyengir*. Akhirnya minta tolong Bang Wiki sama Om Google en ngandelin ingetan saya yang lebih parah dari ingatan nini pelet.

Manikebu (julukan orang Lekra buat Manifes Kebudayaan yg digawangi oleh HB Jassin) sama Realisme Sosial-nya Lekra (Lembaga Kebudayaan Rakyat) itu musuhan karna ya, beda ideologi. Trus, buat org2 Manifes, Lekra tu mempolitisir karya seni. Sebenernya kalo prinsip dasar sih hampir sama. Mereka sama2 punya keinginan “menyempurnakan kondisi hidup manusia” dengan karya seni. Tapi Lekra yang mendahulukan pemajuan kebudayaan rakyat demi “pembebasan kaum tertindas: buruh dan tani” dilihat sebagai upaya politisasi gerak kebudayaan sama Manifes Kebudayaan. Dan ini mengancam prinsip2 estetika en “menjerumuskan karya seni pada alat propaganda politik yg sarat slogan verbal”. Begitu katanya Oom Wikipedia.

Mbah Pram dulu itu kan megang halaman sastra (rubrik Lentera) di Koran Bintang Timur. Koran ini markasnya LEKRA lah, sekaligus pendukung berat PKI. Nah, Manifes Kebudayaan dulu porosnya Mbah HB Jassin yang pegang Majalah Sastra. Mreka (manikebu) gak setuju lah kl sastra itu memihak partai tertentu. Pengennya universal. Seni cuma untuk kemanusiaan. Non-partisan. Ya wis , ‘berantem’ lah gara2 itu.

Realisme sosial itu intinya, sastra untuk rakyat gitu. Realisme sosialis, menurut kubu Lekra, meletakkan “kenyataan dan kebenaran” yang lahir dari “pertentangan-pertentangan yang berlaku di dalam masyarakat maupun di dalam hati manusia” sebagai dasar material kesenian. Dari situ, akan terlihat sejumlah gerak maju dan “hari depan” manusia. Dengan demikian, berlaku kesimpulan bahwa “seni untuk rakyat”.

Di Indonesia, realisme sosialis dikembangkan oleh Lekra atas dasar keberpihakan kepada rakyat daripada atas logika marxisme. Kedekatan realisme sosialis dengan marxisme terletak pada semangat, kesamaan perjuangan, dan pilihan hidup. Tidak terbukti bahwa hubungan keduanya merupakan hubungan organisatoris meskipun banyak anggota Lekra juga anggota PKI (h.20 buku “Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis“).

Gosipnya, jaman komunis masih jaya dulu Mbah Pram dan Lekra doyan mbakari buku2 dari pihak yang gak seide sama dia. Tapi pas ORDE BARU, gentian buku2 berhaluan “kiri” yang dibakari. Peh… sayang banget ya, padahal buku2 itu kan wawasan semua isinya. Jadi inget buku2 karya ilmuwan Islam yang dibakari pasca penaklukan jaman dahoeloe kala….

Kl menurut saya sbenernya gak perlu bakar2an buku en karya sastra begitu. Biarin aja buku2 en pikiran pengarangnya itu lepas ke dunia. Pembaca kan gak goblog2 amat. Masa iya sih ada orang yang baca satu buku, begitu terpengaruhnya, sampe gak percaya lagi sama kenyataan en apa yang benar2 terjadi? Buku2 itu memang sumber wawasan en pengetahuan tapi kita kan gak berhenti sampe di sana aja. Kita kan punya otak dan wajan pemikiran sendiri buat mengolah en milah2 mana yang sesuai sama prinsip kita mana yang enggak. Jangan sampe kita baca buku (yang notabene taik2 pikiran orang), trus nelen mentah2 semua taik orang yang kita baca.

p.s. sebenernya saya ndak terlalu ngerti sama ini. saya cuma seneng baca buku2ne Pramoedya. tapi gak pernah ngorek2 ideologi yg dianutnya. en this is so fu*king heavy for my tiny brain. oh Tuhan tolonglah… tunjukkan jalaaaann… pada dirikuuuu…. (tau lagu Nike Ardilla inih ga seeh? huehehe… ketauan dah umur gw brapa…)

…Banyak ngambil serabutan dari wikipedia n  ekakurniawan.com

46 thoughts on “Manikebu vs Realisme Sosial

  1. asem….
    nyasar tenan kali ini aku Yo, ora mudeng🙄

    “Jangan sampe kita baca buku (yang notabene taik2 pikiran orang), trus nelen mentah2 semua taik orang yang kita baca”

    telat kw Yo, aku udah apalin tu buku Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila ama buku saku Dasa Darma Pramuka.
    tak telen kabeh sampe mules ni perut, lupa aku kalo harus dimasak dulu, trnyata masih mentah tu buku. (lha emang sayuran):mrgreen:

  2. @kahfi,
    iyah. sayang banget yah. daripada dibakarin kan bisa buat bungkus cabe…😀

    @master Mr bokers,
    weks, situ pramoedya? salam kenal juga deh klo gito,,, :p

    @tan3,
    wheuehehe…
    sopo sing asem? aku yo ra mudeng kok…
    apal p4? pantes saiki awakmu jd pns tant… *opo enek hubungane? :D*

    @joe,
    iyah berat. siaul tu temen saya pake nanya2 segala.
    (untung dia agak gaptek en gak pernah maen ke blog sayah. di-siaul2-in juga dia gak bakal tau *ketawa setan*)

    @tuyi,
    ho oh om. sampe sekarang blum selesai tu ‘masalah politis’-nya.
    untung sekarang gak pake bakar2an buku lagi. paling2 ditarik dari peredaran…

    @sariyatno,
    ya, terimakasih kembali mas *gw dipanggil mas… nasib… nasib…*
    salam kenal juga dari sayah. besok2 jangan panggil ‘mas’ yah. saya masih betah jadi perempuan kok…😀

    @cebongipiet,
    huehehe…
    kalo otak cebong terbuat dari kacang, otak saya dari apaan dung? *kan saya lebih parah. sastra kagak ngarti, seni buta banget*

  3. @liecha,
    sipp! setidaknya kita harus kritis en gak cuma percaya sama satu sumber ajah. okeh?

    @ahmad jazi,
    sami2 pak…
    salam kenal juga…

    @tandud,
    iyah sayang banget, mending bakar ayam kan…
    okeh dud…ntar sayah sering2 maen ke blog kamuh deh…

    @lilih,
    enak ajah! (apa??? anak gajah???)
    empatpuluh dibagi dua ditambahin dikit *teteup… pengen disangka masi muda :D*
    salam kenal juga!

    @agung agriza n diaz handsome
    dengarkan ibu guru ya…
    Pramoedya Ananta Toer ituh salah satu pengarang besar Indonesia. Karya nya yang paling terkenal adalah tetralogi pulau Buru (Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, Rumah Kaca) yang ditulisnya waktu dia lg di pengasingan di Pulau Buru. Kenapa Mbah Pram diasingkan? Konon katanya, si Mbah dan tulisan2nya itu subversif en banyak mengkritik pemerintah Orde Baru. Jadilah Mbah Pram yang suka bergiat di koran Bintang Timur (pendukungnya PKI) ini di asingkan…
    Buku2nya mbah Pram almarhum, sudah banyak banget yang diterjemahkan ke banyak banget juga bahasa di seluruh dunia, contohnya Inggris, Belanda, Jerman, Russia dll.
    Kalo kurang jelas, tanya aja ke guru bahasa indonesia ato guru sejarah ya…

  4. @suharmono,
    yupz, setuju.
    salam kenal juga!🙂

    @krismansyah,
    ngomong lagi duong…
    jangan takut salah :p

    @shalimow.com
    tengkyu tengkyu…
    salam kenal juga!

    @haris,
    buku ‘lekra takmembakar buku’ ini bukannya ditarik dr peredaran ya?
    saya belum sempet baca padahal.

    rafki,
    haluu dek rafki! salam kenal juga! ntar saya men2 ke blog kamuh deh…
    but, pls jangan panggil saya mas, saya bukan mas2…😦

    @rian xavier,
    susah ya? iyah emang. tp bagaimana lagi, membaca saja saya sulit *lho?*

    @diaz hadsome,
    hehehe,
    ya uda. gpp kl g ngerti. g dosa kok…

    @cengkunek,
    topik-nya omong kosong bebas.
    ga perlu ngerti kok. kmu cuma perlu menerima…
    *tsaah… apaan ya? gw kaga taw maksudnya apah…*

  5. @itmam,
    iyah sejarah bakar2an. suram banget ya sejarah kita…
    btw, sayah cuma tau lagu nike yg itu doang😀

    @yakhanu,
    orang yg sering baca juga belum tentu tau segalanya…

    @gerrilyawan,
    he eh setuju. kelolodan buku gimana rasanya yak?😀

    @billy,
    yah, berharap aja bangsa kita gak *terus* jadi bangsa sakit jiwa yg mengidap pyromania (doyan mbakar)….

    @tan3,
    salam kenal juga tante tantri…
    *timpuk tantri pake monitor*

    @kezedot,
    salam hangat selalu juga *jiaaahhh….:D*

    @dwi,
    wi,kayaknya lu salah posting komen deh…
    btw, kayaknya kerasan kepala lu deh wi…

    @konohanasakuya,
    hummm… berarti coklat top nut itu artinya top gilaaaa!!! duong….
    :))
    tukeran link? bole2…

  6. aku jg suka baca bukunya Pramoedya ^^v
    waktu itu pernah nganalisis Gadis Pantai. sempet bikin kepala nyut2 soalnya basis studi pertama itu kan teknik, ga kenal sastra whahaha…
    cape deeehh😀

  7. pramoedya emang keren kok.. aku juga seneng seh baca beberapa bukunya.. soalnya kalu semuanya gak bakal sempet.. hehehhehe..

    tapi kalu masalah idealisnya gak pernah bener2 memperhatikan nya..

    sip lah…

    mau idealismenya apaan juga tetep aja lah pramodya pancen oye.. [ halah ]

  8. @indahrephi,
    iyah, saya juga sampe tua sebelum waktunya bacain buku2nya mbah pram😀
    tulisannya banyak banget ya bu. jadi menyut2 saya bacanya…:D

    @kacrut,
    stuju. mbah pram emang keren en pancen oye!😀

  9. Salah satu kebencian golongan realisme sosialis terhadap Manikebu berupa plesetan Manikebu (Manifes Kebudayaan) menjadi Air Mani Kebo. Karena -menurut Lekra- idealisme sastra yang dianut Manikebu tidak mau “menginjak bumi”. Sedangkan Lekra yang mengikuti aliran Realisme Sosialis mempunyai prinsip “Poeple must know their history”.
    Realisme Sosialis bukan berarti mereka Komunis. Tapi Realisme Sosialis menjadi realitas masyarakt untuk “mengabarkan” masyarakat tentang kenyataan sejarah. Ingat!! pada masa 45-an sampai 70-an karya sastra lebih banyak dinikmati oleh para borjuis.
    Contoh novel yang menggambarkan Realisme Sosialis adalah Max Havelar, Tetralogi Pram, Ronggeng Dukuh Paruk, dan masih banyak lagi.
    Lekra adalah salah satu korban PKI karena telah dimanfaat untuk kepentingan golongan, sebagaimana lagu “Genjer-Genjer” Banyuwangian yang sekarang jadi Momok karena pernah dijadikan “Lagu Nasional”-nya orang PKI, padahal lagu ini telah lahir jauh sebelum PKI, dan orang-orang menyanyikannya untuk pesta rakyat (Pesta Panen).

    Itu yang saya tau… maaf kalau salah.

    Kak Yo, sapa yang sms u gtu…? Q bolh kenal?

  10. yo’a.
    tapi sejarah seperti apa dulu yang dikabarkan pada masyarakat han? sejarah udah terlalu banyak dipelintir sehingga kita hampir gak tau lagi mana yang bener mana yang gak bener mana yang bener-bener gak bener mana yang gak bener tapi bener or watever lah.

    pada masa 45-an sampe 70-an, memang belum banyak rakyat indonesia yang bisa dan paham membaca, orang2 dari kalangan borjuis yang notabene berpendidikan yang lebih banyak menikmati dan mungkin menghikmati sastra (dan keadaan ini sampai sekarang belum banyak berubah toh?).

    menurut gw, antara lekra en pki gak jelas juga siapa korban siapa, siapa memanfaatkan siapa. karna yg gw tau, orang lekra *walo ga pada ngaku* banyak yang sehati sejantung sama ideologi pki. en karna orang2 lekra pastinya pinter2, mereka gak bakal mau jadi ‘korban’ pki. mereka ngelakuin nya ikhlas… *huehehe… sotoy banget ya gw* walaupun kalo kita runut lagi sejarahnya, mungkin banyak alasan en kondisi yang mendukung pilihan mereka.

    soal genjer-genjer, han…
    lagu itu memang awalnya lagu daerah yang menggambarkan kemiskinan rakyat yang gak punya apa2 untuk dikonsumsi selain genjer.
    liriknya lu tau kan han?
    genjer-genjer
    neng ledokan pating keleler… etc

    yg gw tau, lirik ini dipake buat simbol,
    orang2 yang dibantai yang saking banyaknya sampe ‘pating keleler’. bececeran di mana-mana. entah di mana kepalanya entah di mana badannya…

    pembantaian yg gw maksud bkn cuma oleh pki, tapi juga yg memakan korban anggota pki *en orang2 yg dituduh terlibat pki*.

    serem han, bantai-membantai itu bener2 terjadi ternyata…

    :ntar gw tanyain ye ama temen gw ituh, dia suka diskusi kok. pasti bakal seneng kenal ma lu. ntar kalo dia nanya yg ‘aneh2’ lagi, langsung gw rekomendasiin ke lu deh:mrgreen:

  11. aku ga seberapa sregg.(bahasa mana lagi.) ma diskusi di posting ini… tapi aku makin terlena baca tulisan…. maklum hobi baca tapi ga hoby tulis…

  12. ternyata memang ribet yah… padahal tujuannya sama, tapi malah sigung2an gt (manikebu n LEKRA) pale bakar2n sgala, dah pada tua pdahal. saya dapt tugas tentang manikebu nih.. mayan lah buat bantu2.

    sy tertrk nih tntang sejarah yang di pelintir-pelintir😛 kalo sejarah dah d pelintir2.. gak jels mana yang benar.. mana peristiwa sebenarnya mana yang dah di permak, berarti selama ini kita (yang belajar sejarah) mempelajari sesuatu yang meragukan dunk??? waaaaaaaaaah.. mendadak bingung euy… :))

Leave a Reply

